FITNESS & HEALTH

Latihan Pernapasan Membantu Mengurangi Gejala Covid-19, Ini Penjelasannya

Kumara Anggita
Selasa 22 Juni 2021 / 10:08
Jakarta: Latihan pernapasan menjadi cara yang baik untuk menguatkan paru-paru. Karena itu, banyak orang menganggap aktivitas ini mungkin bisa bermanfaat untuk pasien yang terinfeksi covid-19. Kira-kira apa kaitannya ya?

Dikutip dari Healthline, latihan pernapasan tidak bisa mencegah penyakit masuk namun bisa membantu mengurangi gejala yang memengaruhi sistem pernapasan. Tak hanya itu, latihan pernapasan bisa juga membantu mengurangi stres yang dirasakan karena sakit.

Covid-19 muncul dengan cara yang berbeda pada setiap orang. Peradangan di paru-paru dan saluran udara adalah gejala umum yang membuat sulit bernapas.

Orang yang sakit parah akibat covid-19 dapat mengalami pneumonia sebagai akibatnya. Hal ini menyebabkan paru-paru terisi dengan cairan dan lendir, membuatnya semakin sulit untuk bernapas dan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi.

Jika kamu memiliki kondisi seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau asma sedang hingga berat, kamu mungkin sudah mengalami penurunan kapasitas paru-paru dan kesulitan bernapas. Kondisi ini menyebabkan peradangan kronis pada paru-paru, yang secara signifikan dapat memburuk pada orang yang terkena covid-19.

Covid-19 dapat memicu serangan asma dan menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Latihan pernapasan dalam yang membersihkan paru-paru dan memperkuat fungsi paru-paru mungkin sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi ini.

Latihan pernapasan membuatmu mendapatkan oksigen jauh ke dalam paru-paru. Cara ini membersihkan lendir dan cairan lainnya di saluran pernapasan.

Selama pemulihan, latihan pernapasan bekerja untuk memperkuat diafragma, otot pernapasan utama yang terletak di bawah paru-paru. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, membawa oksigen yang sangat dibutuhkan ke dalam aliran darah.

Latihan pernapasan dalam juga membantumu merasa tenang, yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi penyakit dan pemulihan jangka panjang. Jadi, mulailah untuk melakukan latihan pernapasan. Kamu bisa memulainya dengan melihat di internet.
(FIR)