FITNESS & HEALTH

Nasi Putih, Pertolongan Pertama Mengatasi Nyeri di Perut

Raka Lestari
Kamis 07 Januari 2021 / 12:03
Jakarta: Mengalami sakit perut atau rasa nyeri di perut memang bikin kamu enggak nyaman. Dari beberapa kasus, rasa tidak nyaman di perut bisa menjadi salah satu pertanda gejala kondisi lainnya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan khusus yang bisa ditemukan di toko obat terdekat. Namun ternyata, nasi putih bisa menjadi salah satu pertolongan pertama untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Selain mudah didapatkan, nasi putih juga cenderung lebih alami dibandingkan harus minum obat tertentu.

Dilansir dari Health, nasi putih merupakan salah satu makanan yang disebut dengan BRAT diet yang bisa mengatasi sakit perut. BRAT merupakan singkatan dari Banana (pisang), Rice (beras), Applesauce (selai apel) dan Toast (roti panggang).

“Saat mengalami sakit perut, kamu pasti menginginkan makanan yang mudah dicerna. Untuk itu, paling baik memang menghindari apapun yang mengandung serat dan lemak serta memilih karbohidrat sederhana yang bisa dengan mudah dihancurkan oleh tubuh,” ujar ahli diet, Valerie Goldberg.

WebMD juga menekankan bahwa nasi putih adalah pilihan terbaik saat sakit perut dibandingkan pilihan biji-bijian lainnya. Meskipun jenis biji-bijian lain seperti nasi merah, nasi coklat, atau nasi hitam memiliki nutrisi yang lebih banyak, tetapi nasi putih merupakan pilihan yang lebih mudah dicerna dan itu yang paling utama ketika kamu mengalami sakit perut.

“Alasan mengapa nasi putih dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di perut dan meredakan gejala, seperti muntah atau diare, adalah kaerna pada dasarnya nasi dapat menggumpal. Hal ini pada gilirannya dapat membantu menyerap sebagian cairan di usus,” ujar Saundra Dalton-Smith, MD.

"Makanan yang hambar, yang mengandung gula sederhana dan pati dengan keasaman rendah cenderung tidak menyebabkan rasa tidak nyaman atau keluhan para perut,” kata Dalton-Smith.

Dan selain nasi, teh juga bisa dikonsumsi jika kamu merasa sakit perut atau tidak nyaman pada perut. Saat mengalami sakit perut, penting untuk tetap terhidrasi, minum banyak air dan mungkin sedikit teh yang menenangkan.
(FIR)