FITNESS & HEALTH

Kenali 5 Komplikasi Penyakit TBC

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 07 Oktober 2020 / 17:09
Jakarta: Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu penyakit yang menyerang pernapasan, disebabkan oleh bakteri yang menyebar dari orang ke orang melalui tetesan mikroskopis yang dilepaskan ke udara. Orang yang menderita TBC berisiko mengalami komplikasi.

Tanpa pengobatan, tuberkulosis bisa berakibat fatal. Penyakit aktif yang tidak diobati biasanya memengaruhi paru-paru, namun dapat menyebar ke bagia tubuh lain melalui aliran darah.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini contoh komplikasi tuberkulosis, seperti: 

1. Nyeri tulang belakang

Sakit punggung dan kekakuan adalah komplikasi umum tuberkulosis.

2. Kerusakan sendi

Artritis tuberkulosis biasanya menyerang pinggul dan lutut.

3. Pembengkakan pada selaput yang menutupi otak (meningitis)

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala yang berlangsung lama atau intermiten yang terjadi selama berminggu-minggu. Perubahan mental juga memungkinkan terjadi.


(Sakit punggung dan kekakuan adalah komplikasi umum tuberkulosis. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Masalah hati atau ginjal

Hati dan ginjal kamu membantu menyaring limbah dan kotoran dari aliran darahmu. Fungsi ini menjadi terganggu jika hati atau ginjal terkena tuberkulosis.

5. Gangguan jantung

Tuberkulosis dapat menginfeksi jaringan di sekitar jantungmu, sehingga menyebabkan peradangan dan pengumpulan cairan yang dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa secara efektif. Kondisi ini, yang disebut tamponade jantung, bisa berakibat fatal.

Jika kamu dites positif terinfeksi TBC laten, dokter mungkin menyarankan minum obat untuk mengurangi risiko mengembangkan TBC aktif. Satu-satunya jenis tuberkulosis yang menular adalah jenis yang aktif, ketika menyerang paru-paru. Jadi, bila kamu dapat mencegah tuberkulosis laten menjadi aktif, kamu tidak akan menularkan tuberkulosis ke orang lain.

Sedangkan, jika kamu mengidap TBC aktif, simpan kuman untuk diri sendiri. Biasanya dibutuhkan beberapa minggu pengobatan dengan obat TBC agar tidak menular lagi.
(yyy)