FITNESS & HEALTH

Tanpa Bleaching Gigi Bisa Putih, Begini Caranya

Raka Lestari
Senin 16 November 2020 / 13:10
Jakarta: Banyak orang yang ingin mendapatkan gigi putih. Salah satunya adalah dengan melakukan bleaching pada gigi mereka. Bleaching gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan cerah.

Selain bleaching, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi yang putih secara alami. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah cara untuk memutihkan gigi secara alami:
 

1. Sikat gigi menggunakan baking soda


Baking soda memiliki sifat pemutih alami, yang merupakan bahan populer ditemukan dalam pasta gigi. Baking soda memiliki sifat abrasif secara alami yang dapat membantu membersihkan noda di permukaan gigi.

Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan basa di mulut yang dapat mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak.
 

2. Menggunakan hidrogen peroksida


Hidorgen peroksida merupakan pemutih gigi alami yang juga dapat membunuh bakteri di mulut. Faktanya, orang-orang menggunakan hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya dalam membunuh bakteri.

Ada banyak produk pemutih komersial yang mengandung hidrogen peroksida, meskipun memang dibutuhkan dalam konsentrasi yang tinggi. 


stroberi
(Stroberi dipercaya bisa memutihkan gigi secara alami. Konsultasikan dengan dokter gigi kamu untuk konsultasi lebih lanjut. Foto: Pexels.com)
 

3. Stroberi


Memutihkan gigi menggunakan campuran dari buah stroberi dan baking soda merupakan cara yang populer. Klaim dari cara ini adalah kandungan asam malat yang ditemukan di stroberi dapat menghilangkan perubahan warna pada gigi, sedangkan baking soda dapat menghilangkan noda pada gigi.
 

4. Nanas 


Beberapa klaim menyebutkan bahwa nanas dapat memutihkan gigi secara alami. Studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan pada nanas dapat secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda pada gigi dibandingkan pasta gigi pada umumnya. Akan tetapi, belum ada bukti bahwa makan nanas dapat memiliki efek yang sama.
 

5. Batasi makanan atau minuman tertentu


Kopi, red wine, soda, merupakan minuman yang terkenal dapat menyebabkan noda pada gigi. Bukan berarti kamu harus menghindarinya sama sekali, tetapi kamu harus tetap membatasi makanan dan minuman tersebut untuk membuat gigi tetap putih.

Jika memugkinkan, minum minuman yang dapat menyebabkan noda pada gigi dengan sedotan untuk mencegah kontak langsung dengan gigi.
 

6. Menggosok gigi dengan arang 


Arang hitam atau charcoal juga terkenal bisa memutihkan gigi secara alami. Menggosok gigi dengan bubuk charcoal dapat menghilangkan racun dari mulut dan juga dapat menghilangkan noda-noda yang menempel pada permukaan gigi.
(TIN)