FITNESS & HEALTH

6 Cara Mengecilkan Lengan di Rumah

Sandra Odilifia
Minggu 15 November 2020 / 08:00
Jakarta: Lengan yang bergelambir mungkin membuat kamu merasa kurang percaya diri. Namun itu juga tak bisa hilang dalam waktu sekejap, kamu harus berolahraga untuk mengecilkan lengan.

Berikut beberapa gerakan olahraga khusus yang dapat membantu kamu mengecilkan lengan dengan mudah di rumah, seperti dilansir dari Betterme.
 

1. Angkat berat


Ini adalah latihan yang ampuh untuk mengurangi lemak lengan dan membuatnya lebih kencang. Jika tak memiliki dumbel, kamu dapat menggunakan barang-barang yang ada di rumah, seperti botol minuman berukuran dua liter.

Caranya, posisikan lengan kamu lurus dan angkat ke atas kepala kamu. Kemudian turunkan beban dengan mengambilnya di belakang punggung kamu. Kamu harus meraihnya serendah mungkin. Lalu angkat kembali beban ke atas kepala kamu.

Semakin lambat kamu menggerakkan lengan, lengan kamu akan semakin kencang. Penting untuk menjaga lengan atas tetap dekat dengan kepala dan telinga. Lakukan 3 set 20 repetisi, setelah setiap set, istirahat selama 1 menit.
 

2. Kursi dips


Ini olahraga yang meniru posisi duduk tanpa alas, oleh sebab itu, furnitur yang kamu gunakan setidaknya harus dua kaki (atau sekitar 60 cm) lebih tinggi dari lantai.

Caranya kamu harus menjauh membelakangi furnitur dan letakkan tangan kamu di atasnya. Pastikan lengan kamu selebar bahu. Lalu pindahkan kaki kamu tiga hingga empat langkah dari furnitur tetapi jaga tubuh bagian atas tetap lurus, ini adalah posisi awal kamu.

Kemudian, tekuk lutut kamu agar sesuai dengan furnitur. Tekuk siku dan gerakkan seluruh tubuh ke lantai, tujuannya adalah untuk menyentuh lantai dan kembali ke posisi normal. Kamu perlu melakukan 3 set 20 repetisi, setiap hari.


olahraga
(Lakukan push up perlahan-lahan kemudian kamu bisa meningkatkannya di hari berikutnya. Foto: Pexels.com)
 

3. Counter push up


Counter push up adalah latihan untuk mengencangkan lengan yang dapat dilakukan menggunakan meja. Kamu harus menghadap meja dengan lengan kamu di tepinya dan kaki menyentuh dasar meja. Mundur dari meja sampai kamu merasa tubuh kamu sedang berjinjit ke depan.

Kaki dan punggung kamu harus seimbang dan lurus. Ini adalah posisi awal kamu. Tekuk siku kamu dan turun sampai kamu menyentuh meja. Sekarang luruskan siku kamu dan kembali ke posisi awal. Lakukan 3 set 20 repetisi, setiap hari. Ini akan mengencangkan lengan kamu dalam beberapa minggu.
 

4. Satu lengan tricep dips


Latihan ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak lengan yang terutama berfokus pada trisep, bagian belakang lengan tempat sebagian besar lemak disimpan.

Caranya, duduklah di lantai dengan kaki menyatu dan lutut ditekuk. Lalu, letakkan tangan kamu di lantai sekitar satu kaki di belakang pinggul, telapak tangan tetap selebar bahu dan jari-jari mengarah ke punggung.

Kemudian, angkat pinggul kamu dari lantai dengan meluruskan lengan kamu. Tekuk siku kanan untuk menurunkan pinggul sedekat mungkin ke lantai, tanpa menyentuhnya. Lalu, luruskan lengan kanan kamu dan tekuk siku kiri untuk kembali menurunkan pinggul kamu sedekat mungkin ke lantai.
 

5. Push up


Mungkin agak sulit pada awalnya, untuk mendapatkan keseimbangan. Lebih baik berlatih push-up dengan menyeimbangkan tangan dan lutut, bukan tangan dan kaki.

Pertama-tama, mulailah dengan push-up lutut dan kemudian kamu bisa melakukan push-up normal. Latihan ini akan memperkuat otot dan mengencangkannya secara maksimal. Lakukan 3 set 10 repetisi setiap hari, untuk mendapatkan hasil terbaik.
 

6. Scissors


Sama seperti namanya, latihan ini menyerupai gunting yang dibuka dan ditutup. Kamu harus mulai dengan berdiri tegak dan mengangkat lengan setinggi bahu, di depan kamu.

Caranya, regangkan lengan kamu ke samping dan bawa kembali ke depan, tangan kanan harus tumpang tindih dengan tangan kiri. Ini menyerupai gunting terbuka. Kamu perlu meregangkannya ke samping lagi dan membawanya kembali ke depan. 

Kali ini lengan kiri kamu harus tumpang tindih dengan tangan kanan kamu. Ini adalah repetisi lengkap dan latihan ini perlu dilakukan dalam 3 set 10 repetisi setiap hari. Selamat mencoba ya!
(TIN)