FITNESS & HEALTH

Penelitian: Perempuan Lebih Peduli dengan Covid-19 Dibandingkan Laki-laki

Kumara Anggita
Senin 26 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Pandemi ini harus dilawan bersama-sama dengan cara menjaga diri maupun orang di sekitar, menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. 

Namun, penelitian mengatakan bahwa perempuan dalam hal ini lebih peduli dibandingkan laki-laki. Kok bisa ya? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, perempuan lebih mungkin peduli dibandingkan pria untuk menangani covid-19 secara serius dan mematuhi upaya mitigasi.
 

Perbedaan perilaku


Penelitian tersebut melibatkan 21.649 laki-laki dan perempuan di Australia, Austria, Prancis, Jerman, Italia, Selandia Baru, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih cenderung melihat covid-19 sebagai masalah kesehatan yang serius. Dan mereka lebih cenderung setuju dengan kebijakan publik yang dirancang untuk memerangi virus ini.

Perbedaan terbesar berkaitan dengan perilaku yang melindungi orang lain, seperti batuk ke siku. Perempuan cenderung lebih melakukan itu. 


masker
(Tetap jalankan protokol kesehatan dengan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, dan menjaga jarak paling tidak dua meter. Foto: Pexels.com)


Hal ini sejalan dengan penelitian lain yang diterbitkan baru-baru ini yang menunjukkan bahwa wanita lebih cenderung mendengarkan para ahli terkait covid-19. 

Dalam sebuah survei terhadap 800 orang, lebih banyak perempuan mengatakan bahwa mereka lebih sering tinggal di rumah, berlatih menjaga jarak secara sosial atau fisik, dan lebih sering mencuci tangan.

Dalam studi lain terhadap orang-orang di timur laut Amerika Serikat, 55 persen perempuan diamati memakai masker dengan benar, dibandingkan dengan 38 persen pria.

Survei lain dari Mei melibatkan 2.500 orang dan menemukan bahwa pria di Amerika Serikat cenderung tidak memakai masker dibandingkan perempuan.
 

Perbedaan perilaku terkait kesehatan sudah ada jauh sebelum covid-19 hadir


Dalam sebuah review 2016, para peneliti melihat studi dari seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa dalam konteks epidemi seperti flu, perempuan hampir 50 persen lebih mungkin dibandingkan laki-laki untuk berlatih dan atau meningkatkan perilaku perlindungan seperti mencuci tangan dengan benar, membersihkan permukaan, dan memakai masker wajah dibandingkan laki-laki.

“Banyak penelitian menunjukkan bahwa pria cenderung tidak mengikuti rekomendasi untuk pemeriksaan kesehatan rutin tahunan dan tindakan pencegahan lainnya. Secara umum, perempuan bertanggung jawab atas kesehatan keluarga, di mana laki-laki lebih enggan berbicara tentang kesehatan,” kata Richard Seidman adalah kepala petugas medis di L.A. Care Health Plan di California.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)