FITNESS & HEALTH

Kasus Covid-19 Mencapai 1 Juta, Menkes Sebut Ada Dua Hal yang Bisa Dilakukan

Raka Lestari
Selasa 26 Januari 2021 / 18:28
Jakarta: Jumlah kasus covid-19 di Indonesia pada hari Selasa, 26 Januari 2021 mencapai angka 1 juta kasus. Dan tentunya, jumlah kasus tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah.

Selain itu menurut Worldometers Corona, Indonesia termasuk dari 20 negara tertinggi yang mencatat kasus positif covid-19 di dunia. 

Per Selasa, 26 Januari 2021 dari sumber yang sama, angka positif covid-19 di dunia sudah tembus lebih dari 100 juta. Hal ini tentu menjadi perhatian dari pemerintah.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, “Ahli epidemiologi mengatakan kepada saya bahwa untuk mengatasi pandemi ini satu hal utama yang harus kita ingat. Kita harus mengurangi laju penularan dari virus. Kita harus flattern the curve,” ujarnya dalam Keterangan Pers secara daring di Kantor Presiden, Selasa, 26 Januari 2021. 

Dengan mengurangi laju penularan virus, Budi Gunadi berharap agar fasilitas kesehatan yang ada tidak mendapatkan beban yang terlalu berat.

“Tapi satu hal yang paling penting, yang kita harus ingat bersama dimana kita bekerja sangat keras untuk capai adalah bagaimana kita menurunkan atau mengurangi laju penurunan virus,” ujar Budi Gunadi. 
 

Dua hal kurangi laju penularan virus


“Ada dua hal yang harus kita lakukan bersama-sama. Yang pertama, untuk mengurangi laju penularan virus kita harus sangat disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini sangat susah dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat, seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini. Kehidupan kita pasca pandemi dan sebelum pandemi akan berbeda,” jelas Budi Gunadi. 

Kemudian yang kedua adalah dengan melakukan testing, tracing, dan juga isolasi mandiri.

“Mandiri. Ini tanggung jawabnya ada di Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar kita bisa mengidentifikasi dan mengurangi laju penularan,” jelas Budi Gunadi. 

“Kita juga harus melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat dari yang sudah positif sehingga kita bisa mengurangi laju penularan. Dan kita harus menyiapkan tempat isolasi yang nyaman, agar yang bersangkutan bisa sembuh tanpa menulari teman-temannya yang lain untuk mengurangi laju penularan itu tadi,” tambah Budi Gunadi. 

Ia juga menambahkan, “Di sini kami Kementerian Kesehatan akan bekerja keras untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi bisa kita lakukan dan eksekusi dengan baik,” tutup Budi Gunadi. 
(TIN)