FITNESS & HEALTH

6 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Kamis 20 Januari 2022 / 07:15
Jakarta: Salah satu ciri kelebihan berat badan bisa terlihat dari perut yang buncit. Tidak hanya dapat mengganggu penampilan dan percaya diri, memiliki perut yang buncit juga bisa memiliki berbagai dampak bagi kesehatan.

Jika tidak ditangani dengan baik, perut yang buncit ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah penyebab terjadinya perut buncit:
 

1. Pola makan yang buruk


Makanan manis seperti kue dan permen, serta minuman manis seperti soda dan jus buah kemasan bisa menyebabkan peningkatan berat badan, memperlambat metabolisme, dan mengurangi kemampuan seseorang untuk membakar lemak. Diet rendah protein dan tinggi karbohidrat juga dapat memengaruhi berat badan.
 

2. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol


Mengonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit hati dan peradangan. Sebuah laporan yang berlangsung pada 2015 tentang konsumsi alkohol dan obesitas menemukan bahwa, minum alkohol berlebihan menyebabkan pria bertambah gemuk di sekitar perut mereka.
 

3. Kurang olahraga


Jika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar, maka akan menambah berat badan. Gaya hidup yang tidak aktif membuat seseorang sulit membuang lemak berlebih, terutama di sekitar perut.
 

4. Stres


Hormon steroid yang dikenal sebagai kortisol membantu tubuh mengontrol dan mengatasi stres. Ketika seseorang berada dalam situasi berbahaya atau tekanan tinggi, tubuh mereka melepaskan kortisol, dan ini dapat memengaruhi metabolisme mereka. Kortisol menyebabkan kelebihan kalori tetap berada di sekitar perut dan area tubuh lainnya untuk digunakan nanti.
 

5. Genetik


Ada beberapa bukti bahwa gen seseorang dapat berperan dalam menentukan apakah mereka menjadi gemuk. Para ilmuwan berpikir gen dapat memengaruhi perilaku, metabolisme, dan risiko mengembangkan penyakit terkait obesitas. Faktor lingkungan dan perilaku juga berperan dalam kemungkinan orang menjadi gemuk.
 

6. Merokok


Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal PloS one menunjukkan bahwa, meskipun obesitas sama antara perokok dan bukan perokok, perokok memiliki lebih banyak lemak perut dan visceral daripada bukan perokok.


Cara mengatasi perut buncit

Untuk mengatasinya, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

- Melakukan diet sehat.
- Mengurangi konsumsi alkohol.
- Lebih banyak berolahraga.
- Lebih banyak mendapat sinar matahari.
- Mengurangi stres.
(FIR)