FITNESS & HEALTH

Terkena Omicron Dua Kali? Mungkin Saja! Ini Dia Kelompok yang Berisiko

Mia Vale
Senin 24 Januari 2022 / 10:05
Jakarta: Saat ini Omicron sudah semakin melebarkan sayap. Pasalnya penyebaran covid-19 varian Omicron lebih cepat daripada varian Delta. Dan ketika dunia sedang bergulat dengan Omicron, timbul pertanyaan, bisakah seseorang terinfeksi Omicron untuk kedua kalinya?

Menurut ahli epidemiologi Amerika Serikat, Eric Feigl-Ding, infeksi ulang Omicron pasti mungkin terjadi jika infeksi Omicron pertama adalah mereka yang baru vaksinasi dosis pertama di mana tidak cukup merangsang sistem kekebalan. Dan bahkan kondisi lain untuk infeksi ulang Omicron bisa sangat membahayakan kekebalan tubuh. 
 

Gangguan sistem kekebalan


"Terinfeksi Omicron mungkin saja terjadi, terutama bagi mereka yang baru menerima vaksin covid-19 satu dosis - vaksin belum lengkap - sehingga antibodi yang dihasilkan belum tercukupi. Kelompok orang dengan gangguan sistem kekebalan juga berisiko mengalami reinfeksi Omicron," papar Eric Feigl-Ding yang dilansir dari Hindustan Times. 


Terkena Omicron Dua Kali
(Dalam gencarnya varian Omicron, para ahli menyarankan bila kamu masih sehat, tetaplah menaati protokol kesehatan demi menghindari penularan covid-19 varian Omicron. Dapatkan vaksinasi segera, jika belum divaksin. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Untuk itu, ia menyarankan agar orang-orang agar lebih berhati-hati. Namun sepertinya orang-orang sudah akrab dengan infeksi berulang covid-19. Ya, semuanya seakan hal yang lumrah. 

Bahkan untuk orang yang sudah divaksin lalu terinfeksi covid-19 sekalipun bukan menjadi hal baru. Karena memang, vaksin bukan jaminan tidak akan tertular, melainkan sebagai perlindungan dari keparahan dan kematian.  
 

Waktu reinfeksi relatif cepat


Omicron merupakan varian baru dan aktif dalam gelombang pandemi saat ini. Umumnya, kekebalan alami yang dikembangkan tubuh setelah satu infeksi akan bisa bertahan setidaknya tujuh hingga sembilan bulan. Namun, ini tidak berlaku untuk Omicron. 

Infeksi berulang Omicron menunjukkan dalam interval cepat. Orang yang sebelumnya sudah terinfeksi varian covid pasti bisa terkena Omicron. Bahkan bisa terinfeksi oleh Omicron dua kali dalam kurun waktu kurang dari tujuh hingga sembilan bulan. 

"Omicron sangat menular dan tampaknya tidak menyebabkan kekebalan protektif yang fantastis," jelas Stanley Weiss, MD, profesor di Rutgers New Jersey Medical School dan Departemen Epidemiologi di Rutgers School of Public Health.

Jadi, bila kamu masih sehat, tetaplah menaati protokol kesehatan demi menghindari penularan covid-19 varian Omicron. Dapatkan vaksinasi segera, jika belum divaksin, selalu mengenakan masker jika berkunjung ke daerah yang kemungkinan penularannya tinggi, hindari kerumunan dan jaga jarak fiisk, selalu cuci tangan atau membawa hand sanitizer kala bepergian. 

(TIN)