FITNESS & HEALTH

5 Jenis Makanan yang Mampu Tingkatkan Hemoglobin

Mia Vale
Minggu 03 Juli 2022 / 12:00
Jakarta: Hemoglobin merupakan protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Sel-sel ini bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pun, membawa karbon dioksida keluar dari sel dan masuk ke paru-paru. Jadi, boleh dibilang, hemoglobin hal yang penting bagi tubuh. 

Pasalnya, hemoglobin yang rendah dapat mempersulit tubuh untuk melakukan fungsi-fungsi di atas. Terlebih bagi wanita.

Utama mereka yang tidak terlalu mementingkan zat besi dan nutrisi lain dalam makanan mereka, karena penurunan hemoglobin bisa lebih dari biasanya, yang menyebabkan kelemahan dan kinerja rutin yang buruk. Berikut jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah hemoglobin.
 

1. Daging merah


Seperti yang sudah dilansir dalam laman Times of India, makanan kaya zat besi disinyalir dapat meningkatkan hemoglobin. Dan ini bisa didapat dari daging merah, di mana zat besinya diserap dengan baik. Utamanya mudah diserap di usus. Tapi, mengonsumsi daging merah juga jangan be4lebihan. Karena dikhawatirkan bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. 



(Buah-buahan tidak hanya membuat sel darah merah mengalir tetapi juga meningkatkan jumlah darah. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

2. Buah-buahan


Kismis, plum, buah ara kering, aprikot, apel, anggur, dan semangka, tidak hanya membuat sel darah merah mengalir tetapi juga meningkatkan jumlah darah. Begitu juga dengaj jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, bisa membantu menarik zat besi. Mereka memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan jumlah darah.
 

3. Sayuran 


Bit, bayam, kacang hijau, kacang merah, kubis, lobak, ubi jalar dan kembang kol, brokoli, kacang lima, sawi, dan kacang hitam, merupakan jenis sayuran yang bisa meningkatkan jumlah darah merah. Bit, misalnya, obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah darah. Bit memiliki kemampuan untuk meregenerasi kandungan zat besi dan mengaktifkan sel darah merah, memasok oksigen segar ke darah. 
 

4. Kacang 


Prinsipnya, semua kacang memiliki sejumlah zat besi di dalamnya. Dan kacang dengan kandungan zat besi tertinggi adalah almond. Satu ons almond setiap hari menyediakan enam persen zat besi.  
 

5. Roti, pasta, Slsereal


Periksa label pada roti gandum, pasta, dan sereal. Setiap bungkus harus mengandung 20 persen atau lebih dari nilai harian zat besi. Biji-bijian utuh menawarkan banyak manfaat kesehatan yang setiap orang harus mencoba memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari mereka. Inilah satu lagi alasan untuk terus melakukannya, gandum utuh adalah sumber yang kaya akan zat besi.

(TIN)