FITNESS & HEALTH

5 Komplikasi yang Muncul Akibat Diabetes

Kumara Anggita
Rabu 18 November 2020 / 06:00
Jakarta: Diabetes adalah penyakit yang bisa membuat komplikasi bila kamu tidak mengontrolnya dengan benar. Dan, tentunya kamu tidak menginginkan hal ini karena dampaknya begitu mengerikan.

Berikut beberapa penyakit komplikasi yang bisa muncul karena diabetes, seperti dilansir U.S News:
 

1. Neuropati


Neuropati adalah istilah lain untuk kerusakan saraf, dan ini terjadi pada lebih dari 50 persen penderita diabetes. Neuropati dapat memiliki berbagai gejala seperti kesemutan, peningkatan kepekaan terhadap sentuhan, nyeri, mati rasa dan kelemahan.

“Dalam bentuknya yang paling ekstrim, amputasi anggota tubuh dapat terjadi karena sirkulasi yang buruk atau infeksi yang terjadi ketika kamu menderita neuropati,” kata Dr. Gregory Dodell, asisten profesor endokrinologi, diabetes dan penyakit tulang di Mt. Sekolah Kedokteran Sinai, yang juga berpraktek di Central Park Endocrinology di New York.
 

2. Penyakit ginjal


Penyakit ginjal adalah komplikasi umum karena kadar glukosa yang tinggi. Menurut American Diabetes Association, komplikasi ini menyebabkan ginjal menyaring terlalu banyak darah, membuatnya bekerja ekstra keras.
 

3. Masalah pengelihatan


Suatu kondisi yang disebut retinopati diabetik dapat memengaruhi penglihatanmu seiring waktu ketika kadar gula darah kamu tidak terkontrol. Glukosa yang berlebih menyebabkan kerusakan pada pembuluh di retina kamu yang merupakan bagian dari bagian belakang mata.

Gejala termasuk penglihatan kabur dan penglihatan siang dan malam hari yang lebih buruk. Jika tidak diobati, retinopati diabetik menyebabkan kehilangan penglihatan.
 

4. Penyakit jantung


"Diabetes membunuh dari hati. Mayoritas pasien pada akhirnya akan mengalami peristiwa terkait aterosklerosis," kata Lewy-Alterbaum. (Aterosklerosis adalah pengerasan dan penebalan arteri.)

Glukosa darah tinggi dari waktu ke waktu merusak jantung dan mereka yang menderita diabetes, sudah lebih cenderung memiliki masalah yang berhubungan dengan jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
 

5. Stroke


American Stroke Association menyebutkan bahwa dua hingga empat kali lebih mungkin terkena stroke saat kamu menderita diabetes.

Ini karena kelebihan glukosa dalam tubuh dapat menyebabkan lebih banyak timbunan lemak atau penggumpalan di dinding pembuluh darah. Gumpalan tersebut dapat menyebabkan penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah kamu yang pada akhirnya dapat menghentikan aliran oksigen ke otak dan menyebabkan stroke.
(FIR)