FITNESS & HEALTH

Cara Memulai Hari saat Kamu Hidup dengan Depresi

Kumara Anggita
Kamis 29 Oktober 2020 / 12:07
Jakarta: Tanpa disadari mungkin kamu setiap hari menghadapi permasalahan depresi. Ini tentunya tak mudah dan kamu harus tetap semangat untuk melawannya.

Salah satu cara untuk memudahkan hari kamu ketika memiliki depresi adalah dengan melakukan hal-hal positif di pagi hari. Beberapa diantaranya adalah:
 

Mulailah setiap pagi dengan mantra syukur


Dikutip dari Healthline, kurangnya minat dan ketidakmampuan untuk menemukan kesenangan pada hal-hal yang biasa kamu lakukan adalah salah satu gejala depresi. Saat ini terjadi, walaupun sulit cobalah untuk mengigat hal-hal apa yang patut kamu syukuri agar kamu termotivasi untuk bergerak.

“Saat Anda bangun, mulailah dengan pikiran, 'Apa yang saya syukuri hari ini?'” Saran Dr. Beatrice Tauber Prior, seorang psikolog klinis, penulis, pembicara, dan pemilik Harborside Wellbeing di North Carolina.

“Kemudian tanyakan pada diri Anda untuk bangun untuk hal yang kamu syukuri,” kata Dr. Prior.


Tetapkan satu tujuan dalam satu hari


Memiliki daftar tugas yang tampaknya tak terbatas sering kali dapat menjadi pemicu orang yang mengalami depresi, dan salah satu alasan utama kamu tidak ingin memulai hari.

Kamu mungkin berpikir, "Tidak mungkin semuanya bisa diselesaikan," dan pemikiran itu berubah menjadi, "Tidak ada gunanya juga untuk mencoba."

Cobalah untuk mengubah perspektif tersebut. Daripada memikirkan tentang daftar tugas yang panjang, yang bisa membuat kewalahan, berikan diri kamu izin untuk menetapkan hanya satu tujuan di hari itu.

Kebebasan dari mengetahui bahwa ini adalah hari yang baik jika kamu dapat mencapai satu hal mungkin bisa membantu kamu bangun dari tempat tidur untuk mencobanya.
 

Mintalah bantuan dari lingkungan kamu


Hal nomor satu yang perlu diingat ketika melawan depresi adalah kamu tidak harus melakukannya sendiri.

“Antidepresan dapat membantu sendiri, tetapi menggabungkan pengobatan dan terapi jauh lebih efektif untuk mengelola depresi dalam jangka panjang,” ujar Dr. Dwenger.
 

Maafkan dirimu untuk hari-hari yang buruk


Orang yang hidup dengan depresi seringkali menjadi pengkritik terburuk mereka sendiri. 

Dan perlu diingat bahwa sebenarnya, akan ada hari baik dan hari buruk. Suatu hari, kamu akan bisa bangun dari tempat tidur dan, sejujurnya, di hari lain mungkin tidak.

Jika memberikan yang terbaik di hari yang buruk masih belum cukup untuk terus bergerak, tidak apa-apa untuk memaafkan diri sendiri dan memulai yang baru di hari berikutnya. Depresi adalah penyakit dan kamu hanya manusia biasa.

Esok, Anda selalu dapat mencoba teknik baru untuk bangun. Seiring waktu, kamu  akan menemukan alat yang memungkinkan bangun dari tempat tidur hampir setiap hari.
(YDH)