FITNESS & HEALTH

Terapkan 20-20-20 untuk Atasi Mata yang Tegang

Kumara Anggita
Kamis 15 Oktober 2020 / 19:06
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat kita jadi bekerja, belajar, dan bermain dengan banyak bantuan gadget. Hal ini membuat kita menghabiskan banyak waktu di depan layar.

Tanpa disadari, kebiasaan ini membuat mata menjadi tegang yang bikin tak nyaman. Untuk mengatasi mata tegang kamu bisa terapkan aturan 20-20-20.

Dikutip dari Medical News Today, gejala mata tegang antara lain:

- mata berair
- penglihatan kabur
- mata kering
- sakit kepala
- mata merah

Saat kamu sudah merasakan gejala ini, American Optometric Association dan American Academy of Ophthalmology merekomendasikannya kamu untuk langsung terapkan 20-20-20.

Ini artinya setiap 20 menit yang dihabiskan untuk melihat layar, kamu harus melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar enam meter) selama 20 detik.

Hasil studi tahun 2013 yang melibatkan 795 mahasiswa menunjukkan bahwa mereka yang secara berkala memfokuskan kembali pada objek yang jauh seperti pohon saat sudah lama menggunakan komputer menunjukkan lebih sedikit gejala sindrom penglihatan komputer, yang meliputi ketegangan mata, mata berair atau kering, dan penglihatan kabur.
 

Cara agar kamu bisa terapkan 20-20-20 dengan benar:


- Setel alarm setiap 20 menit saat bekerja, sebagai pengingat untuk istirahat

- Unduh aplikasi yang dikembangkan untuk membantu orang mengikuti aturan 20-20-20. Aplikasi ProtectYourVision dan eyeCare adalah beberapa contohnya

- Lihatlah ke luar jendela selama jeda 20 detik. Menilai jarak enam meter ke dalam bisa jadi sulit, tetapi fokus pada pohon atau tiang lampu di seberang jalan bisa membantu

- Kamu juga bisa menutup mata selama 20 detik setiap 20 menit

- Selain itu, jangan lupa juga untuk berkedip karena berkedip mencegah mata kering dengan mendorong produksi air mata. Selamat mencoba ya!
(TIN)