FITNESS & HEALTH

Khawatir Divaksinasi Covid-19 karena Punya Alergi? Jangan Takut, Ini Penjelasan Ahli

Cindy
Rabu 13 Oktober 2021 / 10:07
Jakarta: Banyak penderita alergi yang bertanya-tanya mengenai keamanan vaksin covid-19 bagi kondisi kesehatan mereka. Sebab, salah satu efek samping vaksin disebut dapat menimbulkan reaksi alergi.

Ahli alergi sekaligus Ketua Departemen Alergi dan Imunologi Klinik Cleveland, David M. Lang, menuturkan vaksin covid-19 aman untuk penderita alergi. Karena itu, Anda yang memiliki alergi tidak perlu takut menerima vaksinasi. 

Bukti vaksin covid-19 aman untuk penderita alergi

Ilustrasi vaksinasi covid-19. Medcom.id
Ilustrasi vaksinasi covid-19. Medcom.id.

Penelitian dari Vaccine Adverse Event Reporting System yang diadakan pada 14-23 Desember 2020, mendeteksi 21 kasus anafilaksis (reaksi alergi parah) dari 1.893.360 dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19. Sebanyak 71 persen dari kasus anafilaksis terjadi dalam waktu 15 menit setelah vaksinasi covid-19.

Dari laporan tersebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan anafilaksis jarang terjadi setelah vaksinasi covid-19. Sebab, reaksi alergi yang parah dapat terjadi setelah vaksinasi apa pun. 

"Meskipun ada risiko anafilaksis, itu masih sangat kecil. Dan potensi manfaat dari vaksinasi covid-19 jauh lebih besar daripada efek sampingnya," ucap Lang. 

Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap salah satu bahan dalam vaksin covid-19 yang tersedia, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda alergi terhadap salah satu vaksin mRNA (Moderna dan Pfizer-BioNTech), dokter mungkin akan menyarankan vaksin AstraZeneca.

Sebaliknya, jika Anda alergi terhadap bahan apa pun dalam vaksin AstraZeneca, dokter mungkin akan merekomendasikan vaksin mRNA. Beda halnya jika Anda mengalami alergi musiman atau alergi bahan makanan tertentu, vaksin jenis apa pun tidak akan berbahaya. 

Bahan vaksin covid-19 yang buat alergi

Reaksi alergi setelah vaksinasi covid-19 bisa terjadi karena polietilen glikol (PEG) yang menjadi salah satu bahan dalam vaksin. Sayangnya, reaksi alergi vaksin masih belum jelas. 

"Sering kali, pasien mengeklaim bahwa mereka sakit karena vaksin. Padahal itu hanyalah reaksi tubuh terhadap vaksin tersebut," ucap Lang. 

Gejala covid-19 seperti demam, kedinginan, dan nyeri otot dapat terjadi dalam waktu 36 jam setelah vaksinasi. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh merespons dengan tepat dalam membentuk kekebalan terhadap virus. 

Kondisi ini bukanlah reaksi alergi. Jadi, Anda tidak perlu lagi takut menerima vaksinasi covid-19. Manfaat yang diberikan vaksin covid-19 lebih tinggi dibanding efek samping yang diberikan. 
(CIN)