FITNESS & HEALTH

11 Tanda Penyakit Jantung Ini Kerap Diabaikan

Mia Vale
Senin 04 Oktober 2021 / 17:00
Jakarta: Tidak semua masalah jantung datang dengan peringatan yang jelas. Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di dada dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang terjadi. 

"Jika kamu tidak yakin, periksalah," ujar Charles Chambers, MD, direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, seperti yang telah dilansir dari webMD. 

Bufalino mengatakan, faktor risiko yang harus waspada terhadap penyakit jantung adalah:

- Seseorang berusia 60 tahun atau lebih
- Kolesterol tinggi
- Memiliki riwayat diabetes
- Tekanan darah tinggi

Menurutnya, semakin banyak faktor risiko yang kamu miliki, semakin kamu harus khawatir tentang sesuatu yang mungkin berhubungan dengan jantung. 

Selain gejala nyeri di dada, ternyata ada beberapa faktor yang menunjukkan gejala lain. Dan bahkan sering diabaikan sehingga bisa membahayakan. Gejala-gejala itu, antara lain:
 

1. Rasa tidak nyaman di dada


Biasanya, tanda ini menunjukkan ada sumbatan di bagian arteri jantung. Rasa ini bisa berupa nyeri, sesak, tekanan di bagian dada, sampai rasa seperti terbakar. Gejalanya bisa timbul dalam beberapa menit dan muncul saat sedang istirahat atau melakukan aktivitas fisik yang berat. 

Tak perlu khawatir bila tanda ini hanya sekali timbul. Namun bila gejalanya berulang dan tidak hilang setelah beberapa menit, segera ke dokter. Dan wanita umumnya mengidap penyakit jantung tanpa mengalami rasa tidak nyaman di dada.
 

2. Mual, mulas, atau sakit perut


Tentu tidak semua mual, sakit perut, mulas, atau rasa terbakar di bagian perut merupakan ciri skit jantung. Namun, beberapa wanita sering merasakan tanda itu saat mengalami gangguan jantung. Jadi, waspadalah! 
 

3. Nyeri menyebar sampai ke lengan


Beberapa penderita penyakit jantung mengeluhkan sakit di dada sebelah kiri, lalu nyerinya menjalar sampai ke lengan sebelah kiri, hingga merasakan sakit lengan.


jantung
(Pusing tidak selalu karena sakit jantung atau akan menandakan penyakit jantung. Tapi ada baiknya kamu memeriksakan jika sudah merasa tak nyaman. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

4. Pusing atau pingsan


Banyak hal yang dapat memicu tubuh kehilangan keseimbangan atau pingsan. Bisa karena tubuh kurang asupan atau berdiri terlalu lama.

Segera ke dokter jika merasa tubuh tiba-tiba tidak stabil disertai rasa tidak nyaman di bagian dada.
Bisa jadi tekanan darah kamu turun karena jantung tidak dapat memompa darah seperti seharusnya.
 

5. Sakit di tenggorokan atau rahang


Banyak orang mengira sakit di tenggorokan atau rahang tidak ada hubungannya dengan jantung.
Beberapa menduga hal itu karena masalah otot kaku, pilek, atau sinus. Padahal, rasa sakit di dada yabg menyebar ke tenggorokan atau rahang bisa jadi itu tanda serangan jantung.
 

6. Gampang lelah


Tidak berolahraga, berkativitas fisik, atau melakukan pekerjaan berat, tapi mudah lelah. Segera konsultasi ke dokter. Kadang rasa lelah timbul selama berhari-hari tanpa sebab yang jelas. Dan tanda ini umum dialami oleh wanita. 
 

7. Mendengkur


Wajar bila mendengkur kala lelah saat tidur. Namun, waspada bila volume dengkuran terdengar keras, disertai tersedak, atau megap-megap. Bisa jadi ini tanda sleep apnea

Gangguan tidur yang membuat kamu berhenti bernapas selama beberapa saat di malam hari ini, menyebabkan tekanan pada jantung.
 

8. Berkeringat dingin


Tanpa alasan yang jelas, muncul keringat dingin. Ini merupakan ciri-ciri penyakit jantung lainnya. Apalagi bila keringat dingin disertai nyeri di bagian dada. Patut waspada! 


jantung
(Jika kamu batuk tak kunjung sembuh ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

9. Batuk tak kunjung sembuh


Batuk menjadi penyakit umum yang menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Namun, perhatikan saat batuk berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dan menghasilkan riak berwarna putih atau merah muda. 

Bisa jadi hal itu tanda gagal jantung. Kondisi tersebut terjadi saat jantung tidak dapat bekerja, sehingga darah bocor dan kembali ke paru-paru.
 

10. Betis, telapak, pergelangan kaki bengkak


Kondisi ini menjadi tanda jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar. Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak air dan natrium dari tubuh. Akibatnya, bengkak di sejumlah bagian tubuh.  
 

11. Detak jantung tidak teratur


Jika jantung berdetak lebih cepat tanpa sebab, segera periksa ke dokter. Karena bisa saja, detak jantung tidak teratur karena ada gangguan di organ jantung. 

Dengan dijelaskan tanda-tanda yang mungkin dialami ini, diharapkan agar kita semakin waspada terhadap kemungkinan penyakit jantung. Jangan sampai terlambat untuk ditangani.
(TIN)