FITNESS & HEALTH

Apa Saja Kriteria Pasien Covid-19 Sudah Sembuh?

Raka Lestari
Rabu 28 Juli 2021 / 20:03
Jakarta: Pasien covid-19 dapat dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi ketika memenuhi sejumlah kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan

Kriteria pasien covid-19 sembuh akan berbeda tergantung kondisi pasien apakah tanpa gejala, gejala ringan, gejala sedang, atau gejala berat.

Pada kasus tidak bergejala, isolasi dilakukan selama 10 hari dan tidak perlu melakukan pemeriksaan swab PCR lanjutan apabila selama isolasi tidak ada gejala yang muncul. 

Sementara pada kasus bergejala, isolasi dilakukan selama 10 hari sejak muncul gejala, ditambah minimal tiga hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

“Kriteria kesembuhan pada pasien covid-19 itu memang berbeda-beda. Mulai dari yang gejala ringan dan berat. Intinya itu kita harus memastikan orang tersebut sudah melewati masa penularan, dimana masa penularan itu adalah minimal 10 hari sejak muncul gejala,” jelas dr. RA Adaninggar PN, SpPD - Edukator dan Praktisi Kesehatan.


pasien covid-19
(Dr. Ning menekankan bahwa setiap orang memiliki kriteria kesembuhan yang berbeda-beda tergatung dari penilaian dokter yang merawat.Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Setelah 10 hari, jika pasien masih bergejala maka ditambah 3 hari lagi. Jika dalam waktu 3 hari tersebut sudah tidak bergejala maka pasien dinyatakan sembuh. 

“Nah, untuk pasien yang kondisi tidak bergejala atau gejala ringan, itu sebenarnya tidak perlu melakukan pemeriksaan swab PCR ulang kembali,” kata dr. Ning.

“Asalkan tadi, dua kriteria itu sudah terpenuhi dan sudah diperiksa oleh dokter dinyatakan memang kondisinya baik," kata dr. Ning.

"Sedangkan untuk yang gejala sedang dan berat, ini terkadang membutuhkan PCR ulang untuk menentukan kesembuhan karena mengingat kondisi sedang dan berat ini masa penularannya lebih panjang,” tutur dr. Ning.

Dan memang, dr. Ning menekankan bahwa setiap orang memiliki kriteria kesembuhan dari covid-19 yang berbeda-beda tergatung dari penilaian dokter yang merawat.

“Biasanya pasien yang di rumah sakit yang kayak gitu. Kalau pasien-pasien yang isolasi mandiri dan gejala ringan, itu biasanya dengan melewati minimal 10 hari plus 3 hari tanpa gejala, kondisinya dipastikan baik oleh dokter itu biasanya sudah dinyatakan sembuh,” tutup dr. Ning.

(TIN)