FITNESS & HEALTH

Ini 5 Makanan dan Minuman Pemicu Migrain

Kumara Anggita
Selasa 08 Juni 2021 / 09:00
Jakarta: Selain menjadi tanda suatu penyakit, migrain juga kerap timbul dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.  

Melansir Healthlie, berikut adalah makanan dan minuman yang dimaksud, seperti:

 

1. Kafein


Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan mengalami penarikan kafein dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Makanan dan minuman yang mengandung kafein yaitu kopi dan teh.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Alkohol


Alkohol adalah salah satu produk umum yang dianggap memicu migrain. Menurut sebuah studi, lebih dari 35 persen partisipan dengan migrain melaporkan bahwa alkohol adalah pemicunya. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab utama timbulnya sakit kepala.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Cokelat


Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua untuk serangan migrain setelah alkohol. Mereka mengatakan itu mempengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami migrain. Cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Makanan yang mengandung MSG


Monosodium glutamat (MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat, yang secara alami ada di tubuh kita. MSG ditemukan dalam makanan tertentu, dan ada di banyak makanan sebagai aditif makanan. Ini dianggap aman untuk dimakan, tetapi beberapa peneliti menghubungkannya dengan serangan migrain.

American Migraine Foundation mencatat bahwa hal itu dapat memicu episode migrain parah pada 10 hingga 15 persen penderita migrain. Pengawet lain mungkin juga menjadi pemicu pada beberapa orang.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Makanan asin


Makanan asin terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang. Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


(yyy)