FITNESS & HEALTH

Tak Hanya Telat Haid, ini 10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari

Cindy
Rabu 15 Desember 2021 / 18:55
Jakarta: Ada sejumlah tanda-tanda kehamilan yang sering muncul tapi jarang disadari oleh sebagian perempuan. Selain mual, muntah, dan telat haid, ternyata ada ciri-ciri kehamilan lainnya, lho. 

Tanda awal kehamilan ini hampir mirip tanda menstruasi. Apa saja tanda kehamilan yang sering muncul tapi tidak disadari? Berikut tanda-tandanya dikutip dari berbagai sumber:

1. Keluar darah dari vagina

Tidak sedikit perempuan yang terkecoh dan menduga keluar darah dari vagina merupakan tanda menstruasi. Padahal, hal ini juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. 

Ciri-ciri kehamilan ini disebut sebagai pendarahan implantasi. Meski mirip menstruasi, pendarahan implantasi biasanya hanya sedikit mengeluarkan darah dan warnanya kecoklatan atau pink. 

2. Payudara lebih kencang

Bila payudara menjadi lebih kencang, padat, dan sensitif, bisa jadi tanda kehamilan. Payudara mengencang merupakan perubahan fisik yang umum terjadi pada minggu awal kehamilan. 

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perubahan yang terjadi pada payudara akan semakin terlihat. Hal ini merupakan proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan proses menyusui.

Baca: Penyebab Kelahiran Bayi Prematur Beserta Cara Penanganannya

3. Morning sickness

Perasaan tidak nyaman pada pagi hari atau morning sickness dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Penyebab tanda kehamilan ini adalah perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. 

Rasa mual biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan akan menghilang sejalan dengan pertambahan usia kehamilan. Meski gejala hamil muda ini dinamakan morning sickness, pada kenyataannya mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari.

4. Sering buang air kecil

Perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan ginjal bekerja lebih keras sehingga memproduksi air seni lebih banyak.

Semakin besar kehamilan, maka janin yang ada dalam rahim akan menekan organ di dalam tubuh, termasuk kandung kemih. Akibatnya kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit dan membuat  ibu hamil sering buang air kecil. 

5. Sensitif dengan bau

Ciri kehamilan ini bisa berdampak pada timbulnya rasa mual yang dialami ibu hamil. Misalnya, aroma parfum atau pewangi yang sebelumnya tidak menganggu, ketika hamil malah menimbulkan rasa mual. 

Baca: Test Pack: Bila Tepat Digunakan, Hasilnya Akurat 99 Persen!
 

6. Sembelit

Banyak ibu hamil yang salah menduga sembelit yang dialami hanya dampak dari pola makan kurang sehat. Padahal sembelit juga bisa menjadi ciri kehamilan. 

Hal ini karena perubahan hormon saat hamil membuat otot-otot di saluran pencernaan lebih kendur. Selain itu, rahim yang membesar dapat menekan usus, sehingga membuat pergerakan usus menjadi lebih lambut dan menyebabkan sembelit. 

7. Perubahan suasana hati

Selama masa hamil, hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Peningkatan ini menyebabkan perubahan suasana hati yang signifikan. Umumnya, ibu hamil akan lebih sensitif daripada biasanya. 

8. Rambut rontok

Menurut American Pregnancy Association, rambut rontok adalah salah satu tanda-tanda hamil yang umum terjadi. Umumnya ada 40-50 persen ibu hamil mengalami rambut rontok.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Tak jarang, saat wanita mengalami ciri-ciri hamil ini banyak dari mereka yang memilih memotong rambutnya menjadi pendek.

9. Cepat merasa lelah

Tubuh yang mudah lemas dan lelah meski tidak melakukan aktivitas berat bisa jadi tanda awal kehamilan. Ibu hamil bisa mengalami kelelahan luar biasa walaupun usia kehamilannya baru satu minggu. 

Rasa lelah ini disebabkan meningkatnya produksi hormon progesteron selama masa awal kehamilan. Peningkatan hormon ini dapat membuat ibu hamil menjadi lebih lelah dan mengantuk. 

10. Suhu tubuh tinggi

Tanda hamil satu ini juga dapat terjadi sewaktu bangun pagi. Suhu tubuh yang tinggi dapat terjadi karena perubahan hormon atau peningkatan progesteron. 

Kenaikan suhu tubuh ini dapat berlangsung selama 18 hari atau lebih. Namun, ciri-ciri ini tidak selalu pasti menandakan perempuan benar mengandung. 

Selain 10 tanda di atas, tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi yakni telat haid, mual, sakit kepala, dan sakit pada bagian pinggang belakang. Setelah tahu tanda-tanda ini, Anda bisa segera mengeceknya dengan tes kehamilan ya. 

Baca: Apakah Bercinta di Trimester Ketiga Bisa Percepat Kelahiran?
(CIN)