FITNESS & HEALTH

Belajar dari Musibah Anak Ridwan Kamil Hilang, Perhatikan Hal Ini Saat Berenang di Sungai

Sri Yanti Nainggolan
Jumat 27 Mei 2022 / 13:04
Jakarta: Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz (Eril), hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022, waktu setempat. Ia berenang dalam kondisi arus sungai deras. 

Elpi Nazmuzaman, adik kandung Ridwan Kamil, menuturkan Eril berenang bersama adik dan kawannya di sungai tersebut. Namun, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya.

"Kejadian tersebut terjadi pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," sahut Elpi dalam keterangan tertulis, Jumat, 27 Mei 2022.

Sungai Aare memang biasa digunakan untuk beraktivitas air oleh warga sekitar, seperti berenang atau arung jeram. Ini adalah salah satu spot wisata yang digandrungi di Kota Bern. 

Baca: Hilang Terseret Arus di Swiss, Media Sosial Anak Ridwan Kamil Banjir Doa

Berkaca dari kasus hilangnya anak Ridwan Kamil, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berenang di sungai, dilansir dari bern.com
 

Hindari berenang sendirian di sungai 

Meski arus sungai tenang, pastikan Anda tidak berenang sendirian. Tujuannya agar bisa saling memantau, terutama untuk orang dewasa yang membawa anak kecil untuk bermain di sungai. 

Berenang sendirian juga tidak disarankan karena jika terjadi kram atau kelelahan, setidaknya ada yang bisa menolong. 

Hindari berenang sendirian di sungai. Foto: bern.com
Hindari berenang sendirian di sungai. Foto: bern.com

Baca: Ini Kronologis Putra Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus di Swiss
 

Jangan asal melompat ke sungai

Ini adalah salah satu aktivitas yang meningkatkan adrenalin. Namun, mengingat kita terbiasa berenang saat cuaca cerah, perlu waktu bagi tubuh untuk beradaptasi dengan suhu air. 

Apalagi, jika area lompatan belum diketahui. Sungai yang berlumpur atau berdasar bebatuan berbahaya untuk melompat. Hal ini tentu berbeda jika sungai yang dituju memiliki air yang jernih sehingga kita bisa melihat bagaimana dasarnya. 

Jangan asal melompat ke sungai. Foto: bern.com
Jangan asal melompat ke sungai. Foto: bern.com
 

Hindari gunakan alat bantu renang berukuran besar

Bersantai menggunakan kasur tiup di atas air memang menyenangkan. Namun, hindari hal itu jika Anda berada di sungai. Pasalnya, aksesoris ini tidak aman dan justru bisa membahayakan jika tiba-tiba kasur tiup kehabisan udara. 

Hindari gunakan alat bantu renang berukuran besar. Foto: bern.com
Hindari gunakan alat bantu renang berukuran besar. Foto: bern.com
(SYN)