FITNESS & HEALTH

Gula dapat Menyebabkan Sakit Kepala, Terutama bagi Pasien Diabetes

Raka Lestari
Senin 12 Oktober 2020 / 14:31
Jakarta: Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan sakit kepala. Dan pola makanmu memiliki peran penting dalam hal tersebut.

Faktanya, konsumsi gulamu bisa menjadi faktor penting dalam penyebab sakit kepala, terutama jika kamu memiliki diabetes. Hal ini karena tingkat gula darah yang abnormal dapat memicu terjadinya sakit kepala.

Dikutip dari Insider, mengonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit gula dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena berapa banyak gula yang kamu konsumsi dapat berdampak pada tingkat gula darah. Sebagai contoh, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan gula darah menjadi sangat tinggi yang disebut dengan hiperglikemia.

“Dengan gula darah yang tinggi, dapat menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar pembuluh darah dan jaringan otak di sekitarnya. Hal ini dapat menjadi penyebab sakit kepala,” kata Evan Barnathan, MD, seorang dokter keluarga di Central Maine Healthcare.

Sebagai tambahan, gula darah yang tinggi biasanya disertai dengan dehidrasi yang juga dapat menjadi pemicu sakit kepala. Sedangkan di sisi lain, mengonsumsi terlalu sedikit gula dapat menyebabkan gula darah terlalu rendah yang disebut dengan hipoglikemia.

Ketika gula darah terlalu rendah, tubuhmu akan mengaktifkan sumber energi alternatif yang berasal dari lemak dan protein yang disebut keton. Proses ini disebut dengan ketosis, dan bisa menyebabkan sakit kepala juga.

Bagi seseorang yang normal dan sehat, tubuh akan bisa mengatur level gula darah dan menjaganya agar tetap berada pada level normal. Sekalipun mereka telah mengonsumsi satu potong kue. Akan tetapi, bagi mereka yang mengalami diabetes di mana mereka tidak bisa secara efektif mengatur gula darah maka hal itu dapat menyebabkan efek yang cukup signifikan.

“Dan sebagai hasilnya, seseorang yang memiliki diabetes tidak terkontrol dapat mengalami sakit kepala karena gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah,” jelas Barnathan.
(FIR)