FITNESS & HEALTH

7 Cara Menghindari Gerd, Sensasi 'Dada Terbakar'

Kumara Anggita
Rabu 28 April 2021 / 10:10
Jakarta: Gerd atau gastroesophageal reflux adalah salah satu masalah pencernaan yang tidak bisa disepelekan. Ketika sudah kambuh, gejala yang muncul beragam dan menyakitkan, salah satunya adalah rasa terbakar di dada (heartburn).

Tak hanya itu, masih ada gejala lain yang perlu kamu ketahui. Mengutip dari Mayo Clinic, gerd bisa membuatmu mengalami nyeri dada, kesulitan menelan, regurgitasi makanan atau cairan asam, dan benjolan di tenggorokan.

Sementara jika kamu mengalami gerd di malam hari, kamu mungkin juga mengalami batuk kronis, radang tenggorokan, asma baru atau memburuk, gangguan tidur. Kamu bisa menghindari gejala-gejala ini dengan mengubah gaya hidup seperti berikut ini:
 

1. Pertahankan berat badan yang sehat


Berat badan berlebih memberi tekanan pada perut, mendorong perut dan menyebabkan asam mengalir kembali ke kerongkongan.
 

2. Berhenti merokok


Merokok menurunkan kemampuan sfingter esofagus bagian bawah untuk berfungsi dengan baik.
 

3. Tinggikan kepala tempat tidurmu


Jika kamu sering mengalami heartburn saat mencoba tidur, letakkan balok kayu atau semen di bawah kaki tempat tidurmu, sehingga ujung kepalanya terangkat lebih tinggi. Jika kamu tidak dapat meninggikan tempat tidur, kamu dapat memasukkan sesuatu di antara kasur untuk mengangkat tubuhmu dari pinggang ke atas. Mengangkat kepala dengan bantal tambahan tidak efektif.
 

4. Jangan berbaring setelah makan


Selesai makan pastikan kamu tidak rebahan. Tunggu setidaknya tiga jam setelah makan baru kamu boleh berbaring atau tidur.
 

5. Makan makanan secara perlahan dan kunyah dengan saksama


Pastikan kamu mengunyah makanan secara perlahan. Tujuannya, agar makanan yang kamu makan bisa larut sebelum masuk ke lambung. Selain itu, letakkan sendok kamu setelah setiap gigitan dan ambil kembali setelah kamu sudah mengunyahnya.
 

6. Hindari makanan dan minuman yang memicu gerd


Pemicu umum seseorang mengalami gerd adalah makanan berlemak atau digoreng, saus tomat, alkohol, cokelat, mint, bawang putih, bawang merah, dan kafein.
 

7. Hindari pakaian yang ketat


Pakaian yang pas di pinggang kamu memberi tekanan pada perut dan sfingter esofagus bagian bawah. Kebiasaan ini bisa membuat keadaan gerd semakin buruk.
(FIR)