FITNESS & HEALTH

7 Alasan Kamu Mengalami Sakit Perut setelah Makan

Sandra Odilifia
Rabu 24 Februari 2021 / 11:14
Jakarta: Mengalami sakit perut setelah makan bisa berakibat buruk dan cukup menjengkelkan. Nah, jika sakit perut kamu hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat, biasanya itu disebabkan oleh makanan.

Tetapi, jika disertai dengan gejala lain, hal itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang memicunya. Melansir Times of India, berikut beberapa alasan umum mengapa kamu sakit perut setelah makan:

1. IBS


Sakit perut setelah makan adalah gejala umum dari penyakit iritasi usus (IBS). Ini adalah kondisi jangka panjang dan membutuhkan perawatan yang tepat.
 

2. Stres


Stres bisa membuat ototmu kencang, yang bisa menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut. Untuk menghindarinya, makan perlahan dan cobalah mengunyah makanan dengan benar.
 

3. Alergi makanan


Makan makanan yang membuatmu alergi dapat mengiritasi lapisan perut dan dapat menyebabkan rasa sakit. Ini bisa disebabkan karena makanan yang berbeda, tetapi yang umum adalah gluten, gandum dan laktosa.
 

4. Angin yang terjebak


Angin yang terperangkap di saluran pencernaan juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman setelah makan. Makanan bisa membuat perutmu terasa tegang dan tidak nyaman. Kamu juga mungkin mengalami sakit yang mendalam.
 

5. Obat tekanan darah


Sakit perut dan sembelit adalah dua gejala minum obat tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter kamu jika mengalami hal ini.
 

6. Gastritis


Gastritis dapat menyebabkan peradangan pada selaput perut. Bersamaan dengan sakit perut, seseorang bahkan bisa mengalami mual, muntah, dan gangguan pencernaan.
 

7. Keracunan makanan


Sakit perut yang disertai muntah, diare, kelelahan dan demam bisa jadi karena keracunan makanan. Gejalanya mungkin muncul beberapa jam setelah makan, tetapi bisa berlangsung beberapa hari.
(FIR)