FITNESS & HEALTH

5 Waktu Terbaik Minum Air Putih Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Selasa 30 Maret 2021 / 14:10
Jakarta: Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan berat badan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, mengonsumsi air putih juga dapat mengatur suhu tubuh tetap stabil, menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan pencernaan. 

Dilansir dari NDTV, berikut ini adalah lima waktu terbaik saat minum air putih, yang berkaitan dengan penurunan berat badan:

 

1. Ketika merasa lapar


Seringkali rasa haus dianggap juga sebagai rasa lapar. Ini biasanya terjadi ketika kamu merasa lapar, sesaat setelah makan. Jika kamu terlalu sering merasa lapar, cobalah untuk menggantinya dengan minum air putih. Hal ini dapat mencegah keinginan ngemil dan rasa lapar yang semu. Dehidrasi juga seringkali membuat seseorang salah dalam menangkap rasa lapar.
 


2. Saat sedang sakit


Mungkin tampak sulit untuk meminum segelas air saat sedang tidak sehat, tetapi sebenarnya itu dapat membantumu untuk sembuh dengan cepat. Minum air saat kamu sedang tidak sehat dapat menghidrasi tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ini akan membuatmu merasa lebih segar dan akan membantu kamu pulih dengan kecepatan yang relatif lebih cepat.


(Minum air putih di pagi hari dapat memperlancar buang air besar. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Sebelum makan besar


Jika kamu ingin mencegah makan berlebihan, maka ini adalah sesuatu yang dapat kamu andalkan. Pertama, atur waktu makan. Cobalah makan pada waktu yang sama setiap hari dan ini akan membuat tubuh selaras dengan ritme sirkadian.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah minum segelas air putih 30 menit sebelum makan. Ini akan membuat kamu tidak makan berlebihan. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengontrol asupan kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan. Selain itu, hindari minum air putih segera setelah makan atau selama makan.

 

4. Ketika bangun di pagi hari


Minum air putih di pagi hari dapat memperlancar buang air besar. Juga akan membuatmu kenyang dan memberi energi pada tubuh, serta membuang racun dari tubuh. Pastikan kamu minum air dengan suhu ruangan di pagi hari. Air yang sedikit hangat juga bisa membantu. Hindari air dingin di pagi hari karena ini bisa memicu batuk.
 

5. Sebelum dan setelah berolahraga


Minum air sebelum berolahraga akan memberi energi dan menghidrasi kembali tubuh. Minum air setelah berolahraga akan membantu tubuh merehidrasi dan mengganti kehilangan cairan dalam bentuk keringat saat berolahraga. Untuk menjaga keseimbangan cairan, minum air sebelum dan sesudah olahraga sangat membantu.
(yyy)