FITNESS & HEALTH

Camilan Terbaik untuk Mengisi Kembali Energi setelah Berolahraga

Raka Lestari
Sabtu 06 Maret 2021 / 08:08
Jakarta: Makanan yang kamu konsumsi setelah berolahraga sangatlah penting. Kamu perlu makanan yang bernutrisi untuk mengisi kembali energi tubuh.

Para ahli nutrisi menyarankan jika ingin berolahraga, sebaiknya dilakukan sebelum waktu makan untuk membantumu mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat. Dan berikut ini adalah beberapa camilan terbaik yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga:
 

1. Telur rebus dan roti panggang


"Telur dan roti panggang bisa membantu tubuhmu pulih lebih cepat. Ini merupakan jenis camilan yang mengandung protein dan karbohidrat sehat," ujar ahli nutrisi Beth Warren kepada Insider.

Protein berguna untuk membangun kembali otot, sedangkan karbohidrat sehat dapat mengembalikan kembali cadangan energi. Konsumsi camilan ini sekitar 30 menit setelah kamu berolahraga.
 

2. Selai kacang dan apel


Selama berolahraga, otot menggunakan simpanan glikogennya, dan setelah itu, tubuh akan mencoba membangunnya kembali. Makanan yang tepat setelah berolahraga dapat membantu proses ini.

"Usahakan memilih camilan yang bisa membuat kamu merasa kenyang sampai waktu makan berikutnya. Camilan seperti selai kacang dan apel dapat mempercepat pembaruan glikogen kembali ke otot dan memulai pembentukan otot," ujar pelatih kebugaran Carly Rowena.
 

3. Pisang


"Pisang kaya kalium, yang dapat membantu mencegah kram dan membantu rehidrasi. Gula alami yang terdapat pada pisang juga akan membantu mengisi bahan bakar pada tubuh," jelas ahli gizi Rachael Hartley kepada Insider.
 

4. Kacang-kacangan


"Kacang-kacangan mengandung protein. Kacang sangat cepat diserap tubuh untuk menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pembentukan otot," kata Katie Dunlop, seorang personal trainer sekaligus founder Love Sweat Fitness.
 

5. Daging kalkun, keju, dan apel


"Daging kalkun dan keju menyediakan protein, sedangkan apel menyediakan energi dan mengisi kembali simpanan glikogen," kata ahli gizi di Real Nutrition NYC Amy Shapiro.
 

6. Buah pir


"Mengonsumsi buah utuh mengandung serat yang membantu memperlambat proses penguraian karbohidrat dan memperlambat pelepasan hormon insulin," ujar konsultan kesehatan dan kebugaran Michael Castiglione.
(FIR)