FITNESS & HEALTH

Mengapa Menjadi vegetarian?

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 22 Oktober 2020 / 13:34
Jakarta: Banyak orang memilih untuk mengikuti diet vegetarian karena alasan kesehatan. Akan tetapi, ada alasan lain mengapa seseorang mungkin beralih. Bia saja karena keyakinan agama atau budaya.

Mungkin juga karena masalah lingkungan, mendukung kesejahteraan hewan, menghindari antibiotik pada daging, atau mengurangi biaya tagihan makanan. Dikutip dari Medical News Today, Anda bisa beralih ke vegetarian dengan cara yang tepat.

Seseorang harus mulai dengan rencana umum tentang bagaimana mereka ingin menjadi vegetarian. Siapa pun yang memiliki masalah kesehatan khusus harus berbicara dengan profesional perawatan kesehatan sebelum memulai diet baru.

Seorang profesional perawatan kesehatan harus dapat memberikan mereka nasihat tentang makanan apa yang harus dimasukkan dalam diet atau pola makan. Begitu juga suplemen apa yang harus dikonsumsi.

Dari sana, seseorang harus memutuskan makanan apa yang akan mereka masukkan atau hindarkan. Beberapa orang mendekati menjadi vegetarian dengan segera menghentikan konsumsi semua daging. Namun yang lain, lebih suka memasukkan sedikit daging karena mereka beralih ke vegetarian untuk hanya makan daging lebih sedikit.

Di sisi lain, hal tersebut dapat membantu seseorang untuk mencoba makanan baru yang sesuai dengan pola makan vegetarian. Sebab, mereka mengurangi asupan produk hewani. 
Mempelajari tentang substitusi, seperti minyak zaitun sebagai pengganti mentega, dapat membantu. Juga, seseorang mungkin ingin membiasakan diri dengan buku masak, rencana makan, dan resep ramah vegetarian.

Orang yang ingin menjadi vegetarian perlu mulai membaca label produk jika mereka belum melakukannya. Mereka harus memeriksa bahan-bahannya, seperti susu, telur, dan produk hewani lainnya, bergantung pada jenis diet vegetarian yang mereka pilih untuk diterapkan. 

Label nutrisi juga dapat memberikan informasi tentang nutrisi apa yang termasuk dalam makanan. Seseorang juga harus merencanakan untuk makan makanan yang seimbang yang mencakup makanan kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Perlu diingat bahwa pola makan vegetarian tidak harus menghilangkan semua produk hewani. Anda dapat memilih pola makan yang mencakup telur, susu, unggas, ikan, atau tanpa produk hewani sama sekali.

Dengan memulai rencana diet yang dipertimbangkan dengan hati-hati, seseorang yang menghilangkan jenis makanan tertentu. Tentunya, lebih mungkin untuk mempertahankan diet yang bergizi dan seimbang, serta menghindari kekurangan nutrisi.

Terlepas dari alasan seseorang menjadi vegetarian, menjaga pola makan seimbang sangat penting untuk kesehatan. Sebab, bagaimana cara Anda makan memengaruhi kesehatan tubuh Anda.
(YDH)