FITNESS & HEALTH

5 Kesalahan Saat Gunakan Hand Sanitizer

Kumara Anggita
Minggu 18 Oktober 2020 / 11:00
Jakarta: Saat keluar rumah di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kini, pastikan kamu menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer jika tak ada air dan sabun. 

Nah, masalahnya dalam mengaplikasikan hand sanitizer, masih banyak yang melakukan kesalahan. Beberapa kesalahannya antara lain seperti dipaparkan dalam laman Huffpost:
 

1. Tidak semua hand sanitizer sama


K.C. Rondello, seorang ahli epidemiologi dan profesor klinis di Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Universitas Adelphi merekomendasikan penggunaan pembersih yang "mengandung setidaknya 60 persen etil alkohol atau 70 persen isopropil alkohol" karena ini  paling efektif untuk menghilangkan kuman.

Kamu juga harus membaca label produk untuk mengetahui apakah bahan aktifnya membunuh bakteri, virus, keduanya atau tidak keduanya.

“Menggunakan produk yang hanya bersifat bakterisidal dapat memberi kamu rasa aman yang palsu, karena tidak memberikan perlindungan dari patogen virus seperti SARS-CoV-2,” kata Rondello kepada HuffPost.
 

2. Kamu tidak menggunakan hand sanitizer dengan waktu yang lama


Tahukah kamu bahwa kamu harus mencuci tangan setidaknya 20 detik agar hasilnya efektif? Hal ini berlaku pula pada hand sanitizer menurut Aaron Glatt, ketua Departemen Kedokteran dan kepala penyakit menular di Mount Sinai South Nassau di Oceanside, New York.

“Kamu harus menggosoknya selama 20 sampai 30 detik dan pastikan untuk menggosoknya sampai semuanya hilang," kata Glatt pada HuffPost.


cuci tangan
(Tetap cuci tangan dengan sabun di air mengalir hingga bersih setelah beberapa kali menggunakan hand sanitizer. Foto: Pexels.com)
 

3. Kamu menggunakan terlalu sedikit hand sanitizer


“Tidak menggunakan cukup pembersih tangan bisa berarti kamu tidak berhasil membersihkan,” kata Glatt. Glatt mengatakan bahwa satu pompa penuh hand sanitizer yang biasa kamu temukan di mesin kasir cukup untuk membersihkan tangan kamu.
 

4. Kamu tidak membersihkan semua area


Bagian tangan kamu yang tidak dibersihkan dapat membawa partikel virus. Jadi, meskipun kamu hanya menyentuh sesuatu dengan satu jari, kamu tetap harus selalu membersihkan seluruh tangan dengan benar yaitu dari depan ke belakang. 
 

5. Kamu tidak membiarkan produk mengering 


Penting untuk tidak menyeka tangan kamu sebelum pembersih mengering. “Mencoba mempercepat proses pengeringan dengan handuk akan membatasi keefektifan pembersih karena kamu menganggunya sebelum hand sanitizer sempat melakukan tugasnya,” kata Rondello.

Tetap ingat bahwa ada batas menggunakan hand sanitizer, dan tetap cuci bersih dengan sabun dan air mengalir agar tetap bersih dan sebagai salah satu cara memutus mata rantai covid-19.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun. 
(TIN)