FITNESS & HEALTH

Apa yang Menyebabkan Bibir Kering Terus-menerus?

Kumara Anggita
Sabtu 09 Januari 2021 / 11:06
Jakarta: Permasalahan bibir kering mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Padahal segala cara demi menutupinya, seperti memberikan lipbalm, tak kunjung menyelesaikannya.

Sebenaranya apa saja yang menyebabkan bibir kering ya? Berikut beberapa penyebabnya seperti dilansir Harper Bazaar:
 

1. Kombinasi berbagai faktor


Permasalahan bibir kering bisa terjadi karena berbagai alasan. Menurut Charlene Valledor, ahli kimia kosmetik dan presiden dari merek inkubator SOS Beauty, bibir kering kronis dapat disebabkan oleh iklim kering, penumpukan kulit kering di bibir, atau tidak cukup minum air dan tetap terhidrasi.
 

2. Alergi


“Ini juga bisa terjadi akibat reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam pelembap bibir yang kamu gunakan. Banyak orang sebenarnya alergi terhadap beberapa bahan yang tampaknya 'baik' di banyak balm, seperti lanolin, lilin lebah, dan minyak kelapa,” terang Valledor.
 

3. Kekurangan vitamin B


Balm yang dijual biasanya langsung membantu masalah bibir kering pada orang-orang. Namun beberapa yang sudah pakai produk yang sama, namun hasilnya tidak ada. Bila masalah ini terus terjadi pada kamu, mungkin itu bukan hanya kesalahan pengguna.

Faktanya, bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari cuaca, formula perawatan kulit, hingga makanan kamu sendiri. Valledor mencatat bahwa bibir kering bahkan bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B.

Faktor tambahan juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah seperti alergi terhadap bahan atau makanan, obat-obatan tertentu yang kamu gunakan. Ada juga beberapa gangguan medis seperti penyakit tiroid atau autoimun, rasa atau wewangian di lip balm,

"Bahkan terus-menerus menjilat bibir dapat berkontribusi bibir kering dan pecah-pecah,” tambah David Petrillo, ahli kimia kecantikan dan CEO dan pendiri Perfect Image.
(FIR)