FITNESS & HEALTH

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Genjot Hormon Bahagia

Gervin Nathaniel Purba
Kamis 19 November 2020 / 06:53
Jakarta: Pikiran memengaruhi kesehatan fisik. Rasa bahagia membangkitkan rasa optimisme dan membuang energi negatif dalam pikiran.

Rasa bahagia itu muncul oleh hormon oksitosin dalam tubuh. Menurut Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, hormon oksitosin membuat hidup lebih bergairah dan termotivasi. Hormon ini bisa dipicu dengan makan banyak protein, merayakan pencapaian kecil, dan rutin berolahraga.

Oksitosin mendorong hati merasa bahagia dan mengurangi rasa sakit. Bisa dipicu dengan jalan santai di udara segar, berjemur di bawah sinar matahari, atau dengan meditasi.

Oksitosin juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan lebih peka dengan kondisi sosial. Hal tersebut bisa dipicu dengan menghabiskan waktu bersama anak kecil, bermain dengan hewan peliharaan, atau memberikan seseorang hadiah.

Perasaan bahagia dan bergairah bisa meningkatkan imunitas tubuh, sehingga virus akan lebih sulit menginfeksin.

Maka dari itu, tidak salah jika ada semboyan hidup yang mengatakan jangan lupa bahagia. Jadi, temukan kebahagiaanmu dari sekelilingmu.

Pada masa pandemi ini, pemerintah melalui #satgascovid19 terus mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

(ROS)