FITNESS & HEALTH

Apakah Boleh Cuci Masker Sekali Pakai?

Kumara Anggita
Minggu 29 November 2020 / 13:00
Jakarta: Masker medis sekali pakai memang lebih direkomendasikan untuk mengurangi risiko penularan virus. Dan hal ini mungkin buat beberapa orang jadi mau mencuci masker sekali pakainya dengan disinfektan agar bisa dipakai kembali.

Namun ini begitu berbahaya. Dr. Kardiana P. Dewi, Sp.KK menyebutkan bahwa jangan pernah mencuci masker sekali pakai dengan apapun. Masker sekali pakai harusnya hanya dipakai sekali saja. 

Dr. Dew pun mengilustrasikan dampak pencucian pada sebuah masker yang belum dipakai. Ia memasukkan air ke masker tersebut dan terlihat bahwa memang air tidak ada yang bocor.

Lalu kemudian ia membersihkan masker tesebut dengan alkohol di bagian luarnya. Terlihat bahwa air jadi bocor.

“Tujuan kita pakai masker tiga lapis adalah bagian luarnya waterproof. Jadi melindungi kamu dari tetesan dari luar. Dengan mencucuinya (disinfektan) itu tidak sama lagi. Barrier water proof sudah rusak,” paparnya pada Medcom.id dalam 3M Talk Series.

Bila kamu baru pakai sebentar masker tersebut, kamu boleh pakai ulang lagi tapi dengan syarat diletakkan di tempat aman, bukan dicuci. 

“Jadi teman-teman jangan pakai masker medis kemudian dipakai lagi. Itu bahaya. Teman-teman merasa terproteksi padahal tidak. Lebi baik teman-teman pakai masker yang kain saja,” ungkapnya.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)