FITNESS & HEALTH

6 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Raka Lestari
Rabu 21 Juli 2021 / 18:10
Jakarta: Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Memiliki kadar kolesterol tinggi, terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Diet atau pola makan memiliki efek yang kuat pada kolesterol dan faktor risiko lainnya. Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami:
 

1. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan mengandung banyak serat, mineral dan protein. Mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan dalam makanan sehari-hari dengan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan dari 26 penelitian terkontrol secara acak menunjukkan bahwa makan setengah cangkir (100 gram) kacang polong per hari efektif menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol 'jahat'.
 

2. Alpukat





Alpukat adalah buah yang sangat padat nutrisi. Buah berkulit hijau ini merupakan sumber yang kaya akan lemak dan serat tak jenuh tunggal. Kedua sumbe ini adalah nutrisi yang membantu menurunkan LDL atau kolesterol 'jahat' dan meningkatkan HDL atau kolesterol 'baik'.
 

3. Almond dan walnut


Kedua kacang ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Walnut juga kaya akan asam lemak omega-3 nabati, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung.

Almond dan kacang-kacangan lainnya sangat kaya akan L-arginine, asam amino yang membantu tubuh untuk membuat oksida nitrat. Ini, pada gilirannya, membantu mengatur tekanan darah.
 

4. Ikan berlemak


Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sangat baik. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.




Perlu diingat bahwa cara paling sehat untuk memasak ikan adalah mengukus atau merebus. Faktanya, ikan goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
 

5. Gandum utuh


Gandum utuh menjaga semua bagian biji-bijian tetap utuh, yang memberi mereka lebih banyak vitamin, mineral, senyawa tanaman, dan serat daripada gandum olahan. Beberapa jenis gandum utuh yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah oat dan barley.
 

6. Buah-buahan


Buah adalah tambahan yang sangat baik untuk diet jantung sehat, karena beberapa alasan. Banyak jenis buah yang kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu jenis serat larut yang disebut pektin menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Ini ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.
(FIR)