FITNESS & HEALTH

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Membantu Kontrol Gula Darah Tinggi

Raka Lestari
Kamis 30 Desember 2021 / 10:15
Jakarta: Tekanan darah tinggi atau hiperetensi adalah kondisi umum yang dapat dikendalikan dengan tindakan pencegahan yang tepat. Hipertensi sering digambarkan sebagai silent killer karena tidak menunjukkan gejala apapun dan secara diam-diam meningkatkan risiko penyakit jantung.

Melakukan modifikasi sederhana dalam kebiasaan di pagi hari juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Dilansir dari NDTV berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:
 

1. Mulai hari dengan berolahraga


Olahraga teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi secara alami. Dan pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga.

Kamu dapat mencoba latihan kardio seperti lari, jalan cepat, berenang, atau bersepeda. Olahraga juga akan membantu tubuh mempertahankan berat badan yang sehat, yang juga memainkan peran penting dalam menjaga angka tekanan darah yang sehat.
 

2. Memilih sarapan yang sehat


Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting dalam satu hari. Pilih sarapan kaya serat yang sehat dengan protein sehat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat dan protein juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan serta mengontrol tekanan darah.
 

3. Hindari kafein saat sarapan


Memulai hari dengan secangkir kopi atau teh merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Akan tetapi, terlalu banyak kafein bisa berdampak buruk pada tekanan darah. Untuk menggantinya, kamu bisa memilih teh herbal yang juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 

4. Melakukan meditasi


Stres merupakan salah satu risiko untuk terjadinya tekanan darah tinggi. Stres kronis dapat meningkatkan angka tekanan darah dalam tubuh. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan meditasi.

Meditasi dapat membantu pikiran dan mengendalikan stres secara efektif. Cobalah bermeditasi setiap pagi untuk mengalahkan stres secara efektif.
 

5. Mengecek tekanan darah


Jika kamu memang memiliki hipertensi, sebaiknya rutin untuk selalu mengecek kadar gula darah dalam tubuh. Dengan rutin mengecek kadar gula darah dalam tubuh, maka kamu bisa mencegah terjadinya fluktuasi gula darah yang sangat tajam.
(FIR)