FITNESS & HEALTH

Berapa Lama Nikotin Bertahan di Dalam Tubuh?

Sandra Odilifia
Minggu 18 Oktober 2020 / 07:00
Jakarta: Setiap kali kamu menggunakan tembakau, nikotin atau senyawa kimia lainnya, itu akan masuk ke dalam tubuh dan dapat dideteksi di dalam tubuh hingga satu tahun tergantung pada jenis sampel yang digunakan dalam tes nikotin.

Melansir dari Insider, tes nikotin mengumpulkan sampel dari rambut, urine, air liur, atau darah. Kebanyakan tes nikotin tidak benar-benar menguji nikotin. Sebaliknya, mereka mencari salah satu produk sampingannya yaitu cotinine.

"Di dalam tubuh, nikotin dipecah menjadi turunannya, yang terpenting adalah kotinin," kata asisten profesor di departemen penyakit dalam di Southern Illinois University, Anis Rehman, MD.

"Cotinine biasanya bertahan lebih lama daripada nikotin di dalam tubuh. Oleh karena itu, kebanyakan tes merokok mencari cotinine."

Seorang dokter pengobatan darurat bersertifikat, Sharita E. Warfield, MD mengatakan, tes nikotin juga dapat menentukan apakah seseorang menggunakan nikotin sebagai terapi pengganti atau aktif merokok.

Itu karena ia juga menguji anabasine, senyawa yang ditemukan dalam tembakau yang tidak akan muncul dari pengganti nikotin.

nikotin
(Para ahli menjelaskan, nikotin dari rokok bisa bertahan di dalam tubuh kamu, misalnya di darah, urine, air liur dan lainnya. Foto: Pexels.com)

Nikotin dan cotinine tetap dapat ditemukan pada orang yang tidak merokok jika orang tersebut sering berada di sekitar asap tembakau, tetapi tentunya jumlahnya akan jauh lebih rendah.

"Orang yang sering merokok biasanya memiliki sekitar 30 sampai 50 mg/ml nikotin dalam darahnya, sedangkan non-perokok memiliki kurang dari lima mg/ml," kata Warfield.
 

Berapa lama nikotin bertahan di sistem tubuh kamu?


Menurut Warfield dan Rehman, berikut rentang waktu nikotin dan kotinin dapat dideteksi di dalam tubuh, tergantung dari sampel apa yang diambil.

1. Darah: Nikotin dapat dideteksi dalam darah selama sekitar 3 hari, dan kotinin akan bertahan selama sekitar 10 hari.

2. Urine: Pada perokok biasa, nikotin dan cotinine dapat terdeteksi dalam urine hingga tiga minggu. Pada pengguna yang jarang, nikotin hanya tertinggal di urine selama sekitar 4 hari setelah merokok, dan kotinin bertahan selama 7 hingga 10 hari.

3. Air liur: Nikotin dan kotinin bertahan di air liur selama sekitar empat hari.

4. Rambut: Nikotin dapat bertahan di rambut selama sekitar tiga bulan, tetapi terkadang dapat terdeteksi hingga satu tahun pada perokok yang konsisten.
(TIN)