FITNESS & HEALTH

8 Hal Sederhana Bantu Tingkatkan Kesehatan Badan

Sandra Odilifia
Rabu 07 April 2021 / 18:34
Jakarta: Seiring berjalannya waktu, tubuh akan mengalami penuaan dan melemah. Namun, beberapa kebiasaan dapat membantu memperlambat proses penuaan dan membuat hidup jadi lebih sehat.

Seperti dilansir Times of India, berikut adalah beberapa cara sederhana menjaga kesehatan badan yang bisa kamu terapkan:
 

1. Tambahkan lebih banyak warna ke piring


Tahukah kamu, isi piring warna-warni tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga sarat dengan nutrisi, lho! Makanan merah mengurangi risiko hipertensi, sedangkan makanan biru dan ungu meningkatkan daya ingatmu.
 

2. Minum 12-14 gelas air


Air dibutuhkan oleh setiap sel tubuh untuk menjalankan fungsinya. Menjaga dirimu tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatanmu.
 

3. Berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit


Kita semua tahu matahari adalah sumber alami vitamin D. Ini juga sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik kamu.


jalan
(Jalan kaki bisa menjadi salah satu kegiatan fisik yang menyehatkan. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

4. Jalan 10.000 langkah


Sangat mudah untuk tetap aktif lho, Teman Gaya. Cobalah gunakan aplikasi atau gelang pelacak untuk menghitung langkahmu setiap hari. Pastikan langkahmu mencapai 10.000 atau bahkan lebih ya!
 

5. Meditasi selama 15 menit


Meluangkan waktu 15 menit untuk terhubung dengan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, agar kesehatan mentalmu terjaga dengan baik. Jika kamu tidak tahu cara bermeditasi, luangkan 15 menit di mana kamu tidak melakukan apa-apa.
 

6. Latihan kardio


Latihan kardio menyenangkan untuk dilakukan dan bagus untuk kesehatan jantung. Cobalah tarian, yoga, bersepeda atau lari setidaknya lima hari dalam seminggu.
 

7. Ikuti aturan 20-20-20


Kita semua sibuk menatap perangkat elektronik selama berjam-jam di siang bahkan malam hari. Untuk mengistirahatkan mata, ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.
 

8. Tidur selama 6-8 jam


Tidur adalah waktu untuk tubuhmu memperbaiki dirinya sendiri. Tidur setidaknya 6-8 jam penting untuk kesehatan fisik dan mental yang baik.

(TIN)