FITNESS & HEALTH

Beberapa Manfaat Berhenti Mengonsumsi Minuman Beralkolhol

Kumara Anggita
Jumat 30 Oktober 2020 / 06:05
Jakarta: Berpikir untuk berhenti minum minuman beralkohol atau menguranginya, adalah hal yang perlu menjadi pertimbanganmu. Sebab berhenti minum bisa memberikan beberapa manfaat. Apa saja manfaat dari berhenti minum alkohol?

1. Kulit yang lebih baik


Minuman alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah di dekat kulit membesar, menyebabkan kemerahan pada kulit atau penampilan memerah. Ini akan hilang saat kamu berhenti mengonsumsi alkohol.

Youtuber, Leon Sylvester juga menjelaskan bahwa alkohol menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat kulit kita terlihat lebih buruk.

"Dengan minum banyak air dan berhenti minum alkohol, kulit kamu dapat memulihkan diri ke bentuk alami dan bercahaya sehat, dan keriput serta kulit yang buruk akan mulai berkurang," katanya.
 

2. Tidur lebih nyenyak


Mengutip sebuah studi pada 2015 tentang efek alkohol pada otak saat kita tidur, Leon menjelaskan bahwa alkohol telah dikaitkan dengan tidur non-rapid-eye-movement (NREM delta power) gelombang rendah, yang berarti bangun lebih sering di malam hari.

 "Meskipun kamu mungkin cepat tertidur dengan alkohol, kualitas tidurmu yang sebenarnya jauh lebih buruk," katanya.

"Saat kamu berhenti minum, kamu mungkin merasa lebih sulit untuk tidur di malam hari, tetapi kamu akan merasa jauh lebih istirahat dan berenergi,” lanjutnya.
 

3. Kejernihan mental



Berhenti meminum minum alkohol juga akan membuatmu melihat sesuatu dengan lebih sadar. Dengan seperti itu, keputusan yang kamu ambil bisa tidak merugikanmu.

"Membuat keputusan penting menjadi jauh lebih mudah, dan memikirkan masalah lebih mudah," katanya.

"Kamu juga bisa menghadapi emosi dengan lebih mudah. Rasanya kamu tidak sedang berada di rollercoaster emosional, dan kamu akhirnya merasa cukup stabil,” lanjutnya.
(FIR)