FITNESS & HEALTH

Sebuah Bar di Korea Selatan Memilih Robot sebagai Bartender

Raka Lestari
Sabtu 31 Oktober 2020 / 18:00
Jakarta: Sebuah bar dengan nama Coffee Bar K di Seoul, Korea Selatan menggunakan robot untuk dijadikan bartender. Robot bartender yang diberi nama Cabo, diharapkan dapat membuat para pelanggan mereka merasa tenang di tengah pandemi covid-19 ini.

“Karena tempat ini selalu dipenuhi dengan banyak orang, pelanggan kami mungkin banyak yang merasa khawatir,” ujar Choi Won-woo, salah seorang bartender lain yang bekerja di Coffee Bar K, dikutip dari Reuters.

Dia mengatakan pelanggan akan merasa lebih aman jika robot yang menyajikan minuman mereka daripada kami yang seorang manusia.

Untuk saat ini, pekerjaan yang dilakukan Cabo berkisar antara membuat es untuk minuman. Namun, es yang dibuat Cabo bukanlah es biasa melainkan es dengan bentuk bulat sempurna yang bisa ditambahkan untuk minuman wiski.

Namun sebenarnya, Cabo sebenarnya bukanlah robot yang baru diciptakan. Cabo sudah diciptakan sejak tahun 2017 lalu. Meskipun begitu, manajemen di Coffe Bar K berharap bahwa Cabo bisa memudahkan pelanggan ditengah pandemi. Di mana masyarakat umum saat ini memang selalu diingatkan untuk selalu melakukan social distancing ketika berada di tempat umum.

Coffee Bar K bukanlah satu-satunya kafe yang mengandalkan tenaga non manusia. Café Bot Bot Bot juga memiliki "bartender" yang bukan manusia. Robot tersebut benar-benar bisa mencamupr minuman, meskipun memang bentuknya hanyalah sebuah lengan robot. Tidak seperti Cabo yang memiliki bentuk seperti manusia.

Meskipun Cabo atau robot-robot lainnya bisa menjadi salah satu alternatif yang menggiurkan di tengah pandemi seperti sekarang. Namun ada kelemahan yang tidak bisa kamu dapatkan jika bertemu bartender robot. Kamu tidak dapat berbicara langsung dengan mereka atau bercerita dengan mereka.
(YDH)