FITNESS & HEALTH

5 Cara Membersihkan Berbagai Jenis Polutan di Paru-parumu

Kumara Anggita
Rabu 24 Februari 2021 / 18:31
Jakarta: Paru-paru adalah organ yang bekerja banyak terlebih di tempat-tempat berpolusi udara seperti di Indonesia. Mengutip dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, polusi udara bisa menyebabkan penyakit kronik saluran napas yang ditandai dengan hambatan aliran udara ke dalam paru-paru (khususnya udara ekspirasi).

Walaupun paru-paru adalah organ yang sebagian besar bisa membersihkan diri sendiri, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantunya berfungsi pada tingkat yang optimal. Dikutip dari Healthline, ini 5 cara membersihkan paru-paru dari berbagai jenis polutan:
 

1. Pakai alat pembersih udara atau air purifier


Mulailah membersihkan paru-paru dengan meningkatkan kualitas udara di rumahmu. Kamu dapat membeli alat pembersih udara yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar.
 

2. Ganti filter rumah


Bersamaan dengan memakai pembersih udara, kamu juga harus mengganti semua filter di rumahmu. Kemudian membersihkan semua ventilasi, seperti yang ada di kamar mandi atau AC atau ventilasi pemanas.
 

3. Luangkan lebih banyak waktu di luar


Menghirup banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-parumu dan membuatnya bekerja dengan baik. Periksa prakiraan polusi di daerah kamu. Hindari berolahraga di luar saat tingkat polusi tinggi, dan jauhi pembakaran sampah, pembakaran kayu, atau jenis asap lainnya.
 

4. Coba latihan pernapasan


Latihan pernapasan tertentu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Terutama bagi individu yang saat ini merokok, pernah merokok di masa lalu, atau yang memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis.

Ada juga alat yang bisa membantu kamu melatih pernapasan, seperti spirometer. Alat semacam ini sering digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan.

Latihan pernapasan lainnya tidak memerlukan penggunaan alat bantu. Teknik-teknik yang dapat kamu coba, seperti mengerucutkan bibir, pernapasan perut, yang juga dikenal sebagai pernapasan diafragma.
 

5. Lakukan lebih banyak latihan aerobik


Rutinitas olahraga yang menggabungkan aktivitas aerobik dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Latihan aerobik yang bisa kamu lakukan seperti berjalan, berlari, bersepeda, menari, tinju, tennis.

Jika kamu menderita penyakit paru-paru kronis, penting untuk berbicara dengan dokter kamu sebelum memulai program olahraga untuk menemukan rutinitas yang tepat untuk kamu.
(FIR)