FITNESS & HEALTH

Apakah Menjadi Vegetarian Bisa Meningkatkan Imun untuk Melawan Covid-19?

Kumara Anggita
Kamis 12 November 2020 / 13:05
Jakarta: Banyak orang saat ini berusaha untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ada yang olahraga, ada yang minum vitamin, ada juga yang berjemur di bawah matahari pagi. 

Namun yang menarik, ada beberapa ulasan yang mengatakan bahwa menjadi vegetarian atau vegan bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan untuk melawan covid-19. Kira-kira apakah ini benar manjur? 

dr. Eva Maria Christine, M. Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik menjelaskan bahwa menjadi vegetarian atau vegan ada pro dan kontranya. Ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh namun, di sisi lain juga menganggu penyerapan protein di tubuh kita.

“Vegetarian sendiri memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena di buah dan sayur ada kandungan antioksidan. Juga ada kandungan fiber, vitamin tinggi B, C, Seng, Kalsium dan sebagainya. Akan tetapi kekurangannya di protein,” paparnya dalam Diskusi Media dengan Tema Pendekatan Kesehatan Holistik untuk Indonesia Sehat. 

Menurutnya, menjadi vegan atau vegetarian membuat kamu jadi kekurangan protein hewani yang dibutuhkan. 

“Butuh protein nabati dan hewani. Protein Nabati tak cukup karena protein nabati itu penyerapannya tidak optimal. Kualitas nabati proteinnya tak sebagus hewani,” ujarnya. 

“Kalau hewani itu bisa diserap 80 persen sementara protein nabati hanya diserap 50 persen. Vitamin B nabati juga tak sebagus yang ada di hewani. Kalau dari daging ayam, vitaminnya kita masak, kita rebus stabil, tak rusak. Tapi kalau vitamin B, kalsium, magnesium dari nabati itu penerapannya kurang baik dan gampang di rusak,” ujarnya. 

“Misalnya kita minum teh, itu penyerapannya (protein nabati) terhambat banget,” tambahnya. 

Untuk itu dia menyarankan kamu untuk memilih alternatif lain. Ini adalah lacto-ovo vegetarian. “Yang paling baik adalah lacto ovo vegetarian. Jadi kamu masih boleh makan putih telur dan susu yang lengkap dengan kandungan makronutrien dan mikronutriennya,” jelasnya. 
(YDH)