FITNESS & HEALTH

Main Game Online Berisiko Meninggal Mendadak, Ini Penjelasan Medisnya

Kumara Anggita
Jumat 18 Desember 2020 / 18:19
Jakarta: Bermain game online menjadi salah satu kegiatan yang amat digemari oleh beberapa orang. Sangking menyukainya, beberapa dari mereka bahkan bisa bermain seharian non-stop sampai lupa bergerak.

Menurut Antonia Anna Lukito, Spesialis Jantung, Head of Cardivascular Center, Rumah Sakit SIloam Karawaci, bermain game seharian adalah kegiatan yang berbahaya. Aktivitas ini bisa membuat mereka berisiko meninggal mendadak.

“Kita tahu sekarang banyak gamers yang bisa duduk sehari semalam untuk main game melalui internet dan bisa meninggal mendadak, karena gumpalan di kaki yang masuk ke dalam jantung dan paru,” papar dr. Antonia dalam Daewoong Media Day Kuartal 4 2020.

Kegiatan apapun yang membuat orang tidak bergerak sama sekali harus dihindari. Bahkan juga berlaku pada saat bekerja. Untuk itu, dr. Antonia menganjurkan agar di momen-momen itu, kita perlu setidaknya bergerak setidaknya sebentar.

“Weekday (saat bekerja) kita usahakan setiap duduk satu jam maka kita harus bergerak. Ini bisa ke toilet, mengambil, minum, cari teman, diskusi setidaknya selama 10 menit,” ungkap dr. Antonia.

“Dan saya juga sering menganjurkan ke pasien-pasien saya kalau terpaksa duduk karena pekerjaan, cobalah goyangkan kakinya. Minimal ada gerakan,” paparnya.

Pastikan kamu bergerak dan sebisa mungkin untuk berolahraga. Dan, dr. Antonia meminta kamu melakukannya setiap hari termasuk di akhir pekan.
(FIR)