FITNESS & HEALTH

Mengonsumsi Suplemen Kolagen, Paling Bagus dalam Bentuk Apa?

Raka Lestari
Rabu 24 Februari 2021 / 10:05
Jakarta: Kolagen memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Manfaat dari kolagen diantaranya adalah menjaga elastisitas kulit, membuat kulit tetap kencang, menutrisi kulit, hingga menghaluskan tekstur kulit.

Pada dasarnya, kolagen ada di dalam tubuh kita tetapi bisa juga mendapatkannya dari makanan seperti kaldu tulang, ikan dan kerang, putih telur, buah, dan sayur. Selain dari makanan, kolagen juga bisa didapatkan dari suplemen kolagen.
 

Ada banyak jenis suplemen kolagen yang tersedia, manakah yang paling efektif untuk dikonsumsi? 


"Jadi menurut beberapa jurnal, suplemen kolagen yang paling bagus itu yang bentuknya gummy," tutur Nutrition Expert YOUVIT, Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, dalam acara Virtual Press Conference YOUVIT X ERHA Collagen Launch, pada Selasa, 23 Februari 2021.

"Kenapa? Karena suplemen kolagen yang bentuknya gummy itu memiliki shelf life yang lebih lama dibandingkan suplemen kolagen yang berbentuk bubuk atau cair. Selain itu, yang bentuknya gummy itu kan dalam proses pencernaan tidak langsung masuk perut begitu saja tetapi ada proses mengunyah," ujar Puteri.

Ia menambahkan, "Kalau yang berbentuk pil misalnya, itu kan tidak dikunyah terlebih dahulu sehingga tidak ada penyerapan gizi awal. Maka dari itu, efektivitasnya akan lebih tinggi kalau yang dalam bentuk gummy," ujar Puteri. 


(Suplemen kolagen yang bentuknya gummy itu memiliki shelf life yang lebih lama dibandingkan suplemen kolagen yang berbentuk bubuk atau cair. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Tidak hanya anak muda saja, orang yang sudah berusia lanjut juga bisa mengonsumsi kolagen dalam bentuk gummy. 

"Kalau usia 40-50 an itu masih bisa, tetapi kalau yang sudah lanjut usia itu concern nya lebih ke bentuk gummy ini. Apakah mereka masih bisa mengonsumsinya, masih kuat atau tidak giginya mengunyah gummy. Kalau masih kuat bisa, tetapi kalau tidak bisa ya sebaiknya tidak dipaksakan," jelas Puteri.

Rachel Olsen B.Sc, Nutrition Expert dari YOUVIT juga menambahkan bahwa usia 20 - 30 tahun merupakan "prime age" untuk mencegah berbagai masalah kulit. Salah satunya dengan mengonsumsi kolagen tersebut. "Kalau anak muda, concern-nya itu lebih untuk mengatasi berbagai masalah kulit dari usia dini," tutupnya. 
(yyy)