FITNESS & HEALTH

Zendaya Buka Tentang Kecemasannya dan Lakukan Terapi

Mia Vale
Senin 09 Mei 2022 / 10:05
Jakarta: Seterkenal apa pun seorang artis, dia tetap manusia biasa, yang memiliki kecemasan, ketakutan seperti yang kita rasakan. Itulah yang dialami Zendaya, aktris pemenang penghargaan Emmy, ikon gaya, inflencer dengan 1340 juta pengikut di Instagram.

Betapa tidak, penyanyi berusia 25 tahun ini mengakui, meski sudah menjadi artis sejak kecil, dirinya sering merasa demam panggung. Kecemasannya muncul di saat-saat yang paling tidak tepat, seperti sebelum bernyanyi secara langsung. Dan ceritanya telah dirangkum dari laman Inquisitr.
 

Pengalaman buruk


“Saya dulu berjuang dengan kecemasan yang sangat buruk. Itu hanya terjadi ketika saya bernyanyi secara langsung, bukan ketika saya menari atau melakukan pertunjukan langsung lainnya, dan itu berasal dari pengalaman buruk yang saya alami saat bernyanyi di 'The Ellen DeGeneres Show' pada tahun 2013," tulis Zendaya dalam aplikasinya.

Alumni Disney dan aktris Dune itu ingat bahwa mikrofonnya tidak berfungsi saat dia bernyanyi. “Itu bukan penampilan terbaik saya dan saya tidak pernah membiarkan diri saya menjalaninya. Saya memiliki kecemasan gila sejak itu,” lanjutnya. 


pengalaman buruk zendaya
(Zendaya dalam Inquisitr mengatakan dirinya pernah merasa membutuhkan terapi terutama selama pandemi, ketika ia memiliki kesedihan, "Di mana kamu sudah merasa tidak enak sejak bangun tidur dan berlangsung sepanjang hari." Foto: Dok. Instagram Zendaya/@zendaya)
 

Mundur selangkah


Diakui Zendaya, dirinya sempat stres setelah kejadian itu. Dan untuk mengatasinya, ia mejaga jarak dari sumber stresnya. Ia menjauh dari pertunjukkan langsung dan lebih fokus pada hal lain, seperti akting. 

“Saya mengambil waktu dan perlahan membangun kembali kepercayaan diri saya, sebelum akhirnya kembali ke atas panggung untuk bernyanyi secara langsung," imbuh Zendaya yang kembali bernyanyi langsung dengan Mario di ABC's Greatest Hits pada tahun 2016.
 

Memutuskan temui terapis 


Dalam sebuah wawancara dengan Vogue pada tahun 2021, Zendaya membuka diri tentang menemui terapis. "Ya, tentu saja saya pergi ke terapi," akunya tanpa malu-malu. 

Dirinya merasa membutuhkan terapi terutama selama pandemi covid-19, ketika ia memiliki kesedihan, di mana kamu sudah merasa tidak enak sejak bangun tidur dan berlangsung sepanjang hari. 

"Rasanya seperti ada awan gelap yang melayang di atas saya dan saya tidak tahu bagaimana menyingkirkannya," tandas artis cantik berkulit eksotis ini. 

Dan menurutnya, terapi adalah hal yang indah. Ia pun menegaskan, "Tidak ada yang salah dengan bekerja pada diri sendiri dan berurusan dengan seseorang yang dapat membantu kamu, seseorang yang dapat berbicara dengan kamu, yang bukan ibu atau apa pun. Siapa yang tidak memiliki bias.”

(TIN)