FITNESS & HEALTH

Ciri-ciri Sakit Tenggorokan karena Covid-19

Mia Vale
Kamis 14 April 2022 / 23:21
Jakarta: Mungkin yang tertanam dalam ingatan kita, gejala paling umum dari covid-19 adalah demam dan batuk. Padahal, sakit tenggorokan juga bisa menjadi tanda dari penyakit tersebut.

Karena covid-19 merupakan penyakit pernapasan dengan banyak gejala. Yang pasti, meski sakit tenggorokan bisa menjadi gejala covid-19, itu juga gejala flu dan pilek.

Namun begitu, tidak semua orang dengan covid-19 akan mengalami sakit tenggorokan. Penelitian tentang prevalensi sakit tenggorokan pada orang dengan covid-19 melaporkan angka yang bervariasi. Ada yang dimulai dengan demam.

Ada pula yang mengalami batuk, sakit, nyeri otot, atau sakit kepala. Beberapa orang juga memiliki gejala GI seperti mual, muntah, dan sakit perut. 

Melansir dari Medical News Today, penelitian di Eropa menemukan bahwa 52,9 persen peserta mengalami sakit tenggorokan. Penelitian ini melibatkan 1.420 orang dengan covid-19 ringan hingga sedang. 

Orang yang tertular strain Omicron dari SARS-CoV-2 tampaknya memiliki tingkat sakit tenggorokan dan pilek yang sangat tinggi. Dan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sakit tenggorokan adalah gejala covid-19 yang harus diwaspadai. 


sakit tenggorokan karena covid
(Pada beberapa orang, kasus covid-19 yang parah dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Seberapa parah? 


Sakit tenggorokan akibat covid-19 dapat bervariasi dalam tingkat keparahan. Ini bisa terasa seperti tenggorokan yang teriritasi, sering kali dengan sensasi berduri atau terbakar. Beberapa orang juga mengalami rasa sakit saat menelan. 

Menurut studi ZOE, yang mencakup input data gejala dari lebih dari empat juta orang secara global, sakit tenggorokan covid-19 dapat terasa: 

- Kering, bukannya sakit 
- Gatal atau nyeri  
- Menyakitkan pada hari pertama tetapi lebih baik pada hari kelima 
- Seperti amandel yang meradang atau membesar 

Para peneliti juga mengatakan bahwa sakit tenggorokan bersama dengan kehilangan penciuman lebih mungkin disebabkan oleh covid-19 daripada pilek biasa dengan sakit tenggorokan.
 

Bila sakit tenggorokan di satu sisi


Sejak pandemi covid-19 dimulai, banyak orang melaporkan rasa sakit dan nyeri hanya pada satu sisi tenggorokan. Pada beberapa orang, kasus covid-19 yang parah dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Ini dapat menyebabkan rasa sakit pada satu atau kedua sisi tenggorokan. 

Meskipun sakit tenggorokan satu sisi bisa menjadi tanda covid-19, itu juga bisa menjadi gejala dari: 

- Flu biasa 
- Flu 
- Tonsilitis atau infeksi amandel yang serius 
- Peradangan pita suara 
- Radang tenggorokan 
- Sariawan 

Jika sakit tenggorokan berlangsung lebih dari beberapa hari, seseorang mungkin ingin menjalani tes covid-19. Mereka juga harus menjalani tes jika sakit tenggorokan disertai dengan gejala covid-19 lainnya. Namun, tidak semua orang dengan covid-19 memiliki gejala. 

(TIN)