FITNESS & HEALTH

Memasuki Musim Hujan, Waspada 6 Gejala DBD Ini

Cindy
Selasa 23 November 2021 / 17:24
Jakarta: Mendekati musim hujan, kembang biak nyamuk Aedes Aegypti perlu diwaspadai. Jika Anda digigit nyamuk ini maka Anda dapat terjangkit demam berdarah dengue (DBD). 

Melansir Halodoc, infeksi virus ini bisa sangat membahayakan apabila tidak segera dilakukan pengobatan. Tak sedikit orang yang terjangkit masih mengabaikan DBD. Sebab, gejalanya bisa dikatakan mirip dengan masalah kesehatan lain, seperti flu biasa. 

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui sejumlah gejala DBD agar dapat ditangani sesegera mungkin. Masalah kesehatan ini akan menimbulkan gejala antara 4-10 hari setelah tubuh digigit nyamuk Aedes Aegypti. 

Kondisi ini akan lebih parah gejalanya bagi anak yang pertama kali terjangkit dibanding orang dewasa. Berikut 6 gejala DBD yang harus diwaspadai:

1. Demam tinggi mendadak

6 Gejala demam berdarah dengue (DBD) Freepik
6 Gejala demam berdarah dengue (DBD). Foto: Freepik.

Demam memang menjadi gejala umum yang terjadi pada hampir semua masalah kesehatan. Namun dalam kasus DBD, demam akan terjadi secara tiba-tiba. 

Perbedaannya, demam pada DBD bisa mencapai 40 derajat celcius dan tidak diikuti gejala lain, seperti pilek, hidung tersumbat, atau batik. Biasanya demam akan terjadi sekitar 2-7 hari. 

2. Sakit kepala

DBD dapat menimbulkan sakit kepala parah yang terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala parah ini disertai rasa nyeri pada bagian belakang mata. 

Kondisi ini merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita DBD. Untuk meredakan sakit kepala, ada baiknya mengonsumsi beberapa obat sakit kepala. 

Baca: Cara Membedakan Demam Biasa dengan Demam Berdarah

3. Mual dan muntah

Gejala DBD lainnya yang bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa adalah mual dan muntah. Gangguan ini termasuk dalam masalah pencernaan yang turut menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut atau punggung. Masalah ini dapat bertahan selama 2-4 hari setelah terjangkit DBD. 

4. Muncul ruam merah

Gejala yang paling khas terjadi pada penderita DBD ialah ruam merah. Ruam pada DBD biasanya berwarna kemerahan atau merah muda pucat. Kondisi ini dapat muncul di sekitar wajah, dada, tangan, dan kaki. Gejala DBD ini biasanya berlangsung pada hari ketiga dan terjadi selama 2-3 hari. 

5. Nyeri

Ilustrasi nyeri otot akibat demam berdarah dengue (DBD). Pexels
Ilustrasi nyeri otot akibat demam berdarah dengue (DBD). Pexels.

Pengidap DBD juga cenderung akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, misalnya otot, tulang, sendi, dan belakang mata. Gejala ini biasanya diikuti dengan tubuh yang berkeringat dan mengigil. Durasi gejala ini antara 4-10 hari setelah terjangkit DBD. Nyeri dapat terjadi bersama dengan sakit kepala dan demam tinggi. 

6. Kelelahan

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi dapat menyebabkan nafsu makan penderita DPD menurun. Akibatnya, tubuh akan terasa kelelahan karena kurangnya asupan makanan. Selain itu, sistem imun tubuh pada penderita DBD juga melemah. 

Bila Anda mengalami sejumlah gejala DBD di atas, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sehingga, Anda dapat terhindar dari segala komplikasi berbahaya yang disebabkan oleh virus dengue ini. 
(CIN)