FITNESS & HEALTH

Butuh Rutinitas Baru? Ikuti 10 Langkah Ini

Kumara Anggita
Senin 02 Agustus 2021 / 08:00
Jakarta: Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengawali hari yang baru. Pastikan kamu memiliki rutinitas positif yang meningkatkan mood dan kesehatanmu.

Dikutip dari Healthline, ada 10 ide rutinitas yang bisa kamu coba. Ikuti mana yang cocok denganmu!
 

1. Atur alarm kamu untuk hasil yang sukses


Menghilangkan rasa pening di pagi hari, atau kelambanan tidur bisa dibantu dengan mengganti alarm buzzer lama kamu ke nada yang lebih melodis. Penelitian dari 2020 merekomendasikan untuk bangun dengan alarm melodi. 

Pikirkan lagu pop, nada instrumental berirama, atau suara alami seperti kicau burung. Ini dapat membantu membangunkan kamu dengan lembut alih-dan menghindari kamu jadi terkejut.
 

2. Biarkan cahaya masuk


Menghadapi cahaya terang hari pertama di pagi hari dapat membantu tubuh kamu menyadari sudah waktunya untuk bangun, membuat kamu lebih waspada bahkan sebelum kamu buat kopi.
 

3. Cuci muka


Memercikkan air dingin atau hangat ke wajah dapat menyegarkan mata yang lelah dan membuat pagimu terasa menyegarkan.
 

4. Sarapan yang bergizi


Memulai hari dengan sarapan yang seimbang dan kaya protein tidak hanya mengisi perut kosong. Ini juga memberimu energi dan menyediakan bahan bakar untuk hari ke depan. Dan jangan lupa untuk tetap terhidrasi. 
 

5. Gerakkan tubuhmu


Peregangan di pagi hari dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot kamu dan membuat kamu merasa lebih lentur dan waspada daripada tegang dan lamban.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan fungsi otak penting seperti pengambilan keputusan, memori kerja, dan perhatian. Plus, jika kamu menyukai olahraga di luar ruangan, olahraga pagi dapat membantu kamu menghindari panas di sore dan sore hari.


rutinitas
(Setelah menyelesaikan tugas sederhana kamu bisa terdorong untuk menangani tanggung jawab yang lainnya. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

6. Selesaikan beberapa tugas


Melakukan beberapa tugas sederhana di pagi hari dapat membantu kamu memulai hari dengan rasa produktif, Ini mendorong motivasi kamu untuk menangani tanggung jawab penting lainnya. Kamu bisa coba untuk merapikan tempat tidur, cuci piring, masukin cucian dan masih banyak lagi.
 

7. Meditasi atau buat jurnal


Meskipun meditasi dapat memberikan manfaat kapan saja, memulai latihan meditasi pagi hari dapat membantu kamu menjernihkan pikiran, mengumpulkan pikiran, dan menetapkan niat yang penuh perhatian untuk hari yang akan datang.

Selain itu, kamu juga bisa coba jurnal harian. Menulis selama 10 atau 15 menit setiap pagi juga dapat memberimu ruang untuk memilah-milah pikiran , menegaskan diri sendiri, atau menetapkan niat harian.
 

8. Buat daftar tugas


Mencatat tugas-tugas penting yang perlu kamu lakukan hari itu membuat kamu bisa memprioritaskan tanggung jawab kamu, memberi kamu gagasan yang lebih jelas tentang item apa yang lebih cocok untuk daftar tugas besok, menjaga beban kerja kamu lebih mudah dikelola, dan mengurangi perasaan kewalahan. Jadi hidup kamu bisa terasa lebih teratur.
 

9. Lakukan sesuatu yang kamu sukai


Menyisihkan waktu untuk hal-hal yang benar-benar kamu nikmati dapat membantu membuat pagi hari menjadi sesuatu yang terprediksi bukan menyeramkan. Kamu bisa membaca buku, mendengarkan lagi, main video game dan masih banyak lagi.
 

10. Terhubung dengan orang yang dicintai


Ikatan dengan teman dan keluarga adalah hal yang penting. Luangkan waktu untuk mereka untuk meningkatkan koneksi dan suasana hati kamu.
(TIN)