FITNESS & HEALTH

Makanan dan Minuman yang Malah Bikin Kamu Merasa Lebih Lapar

Kumara Anggita
Rabu 31 Maret 2021 / 17:13
Jakarta: Makanan dan minuman tertentu seharusnya membuatmu merasa puas dan kenyang. Namun, menariknya beberapa makanan setelah dikonsumsi malah buat kamu jadi ingin makan lagi.

Kira-kira makanan dan minuman macam apa yang bisa buat kamu begini? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Health enews.

Menurut ahli nutrisi, beberapa makanan membuatmu lebih lapar, dan keripik adalah salah satunya. Amy Strutzel, seorang pendidik ahli diet diabetes di Advocate Condell Medical Center di Libertyville memberi daftar beberapa makanan yang membuat kamu lapar. Di antaranya:
 

1. Jus buah


Minuman ini adalah sumber gula terkonsentrasi. Meskipun mungkin mengandung berbagai vitamin dan mineral, banyak serat yang terkelupas dalam prosesnya.

Tidak ada lemak atau protein untuk membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Karena itu, jus dapat menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat dan penurunan yang cepat. Penurunan gula darah ini membuatmu kembali merasa lapar dengan cepat.
 

2. Yogurt


Tergantung pada jenis dan mereknya, yogurt bisa jadi mengandung gula yang tinggi. Selain itu, yogurt juga membuatmu mengunyah sedikit.

“Mengunyah membantu meningkatkan faktor kekenyangan kita. Menambahkan sesuatu seperti kacang dapat meningkatkan proses mengunyah kamu, ”kata Strutzel.

"Dan memasukkan kacang-kacangan juga dapat menambahkan beberapa lemak tak jenuh yang sehat, yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama,” lanjutnya.

Bagi pencinta yogurt, mengonsumsi yogurt Yunani adalah pilihan yang baik. Sebab memiliki protein dua hingga tiga kali lebih banyak daripada yogurt biasa.

Yogurs ini dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, membeli yogurt Yunani versi polos dan menambahkan buah segar dapat membantu menghilangkan jumlah gula yogurt biasanya. Buah segar juga mengandung serat.
 

3. MSG


Monosodium glutamat, juga dikenal sebagai MSG adalah penambah rasa yang sering ditemukan dalam makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan.
 

4. Makanan tinggi gula, seperti donat, muffin, pai


Makanan penutup yang terdengar lebih sehat pun cenderung sarat dengan gula. Makanan pencuci mulut terurai dengan cepat dalam tubuh kita sebagai glukosa, yang menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak insulin.

Ketika ada banyak insulin, terlalu banyak yang bisa masuk ke dalam sel, yang bisa menyebabkan gula darah rendah. Gula darah rendah ini bisa membuat kamu merasa lapar dengan cepat.
(FIR)