FITNESS & HEALTH

Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Asupan Elektrolit

Raka Lestari
Selasa 06 Oktober 2020 / 18:54
Jakarta: Buah-buahan, produk susu, dan unggas merupakan sumber elektrolit yang mengandung kalium, natrium, kalsium, dan magnesium. Elektrolit membantu kamu agar tetap terhidrasi, bersama dengan banyak fungsi penting lainnya yang membuatmu tetap segar dan bersemangat.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu kamu mengisi kembali elektrolit dilansir dari Insider:

Air kelapa tanpa pemanis tambahan 

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 350 mg kalium atau sekitar 13 persen dari nilai harian. Untungnya, air kelapa merupakan pilihan yang sangat mudah ditemukan di pasaran dan juga tersedia dalam bentuk kemasan.

Pisang 

Pisang adalah sumber elektrolit yang luar biasa karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Pisang biasanya memiliki 422 mg atau memenuhi sekitar 16 persen kebutuhan harian tubuh akan kalium. Tambahkan protein dengan meletakkan selai kacang pada pisang atau masukkan sedikit serat dengan menambahkan ke dalam oatmeal. 

Produk susu

Produk susu adalah sumber kalsium dan natrium yang baik. Dalam 100 mL susu, terdapat sekitar 199 mg kalsium dan 281 mg kalium. “Meskipun kalsium pada umumnya dihubungkan dengan produk susu, Anda tetap bisa menemukannya di kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau,” kata Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, ahli gizi di Kelly Jones Nutrition.


(Air kelapa tanpa pemanis tambahan merupakan pilihan utama minuman yang mengandung elektrolit tinggi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Daging unggas

Kamu tetap bisa mendapatkan elektrolit dengan mengonsumsi daging unggas. Dalam 100 gram daging kalkun, terdapat 349 mg kalium dan 1200 mg sodium. Menurut Jones, sumber lain yang bisa kamu peroleh adalah kerang, kacang-kacangan, lentil, dan biji rami.

Jus buah

Berbagai macam jenis jus, seperti jus jeruk, lemon, dan pisang dapat menyediakan elektrolit. Dan ada satu jus lain yang cukup menonjol, yaitu adalah jus delima. Jus buah merupakan sumber elektrolit yang luar biasa karena satu cangkir jus mengandung 533 mg kalium. Jika kamu memilih jus buah, usahakan memilih buah murni serta hindari pilihan gula tambahan.

Semangka 

Semangka merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Mengonsumsi semangka dapat meningkatkan asupan elektrolit dalam tubuh. Satu potong semangka berukuran sedang mengandung 320 mg kalium. Semangka juga sangat melembapkan karena 92 persennya mengandung air.
(yyy)