FITNESS & HEALTH

Kapan Kamu Harus Mengganti Botol Minum?

Raka Lestari
Rabu 28 April 2021 / 08:00
Jakarta: Saat ini banyak orang yang memilih botol minum yang dapat digunakan kembali atau reusable bottle. Dikutip dari Mayo Clinic, selain aman bagi lingkungan botol air yang dapat digunakan kembali juga lebih baik untuk kesehatan pribadi, karena tidak mengandung bisphenol A (BPA), bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam pembuatan botol plastik.

Ada berbagai jenis botol yang dapat digunakan kembali yang tersedia di pasaran saat ini. Beberapa terbuat dari kaca, beberapa terbuat dari plastik bebas BPA, sementara yang lain lebih memilih untuk menggunakan bahan stainless steel. 

Meskipun sebagian besar botol sekarang dibuat dari bahan berkualitas tinggi, mereka juga perlu diganti dari waktu ke waktu.

Meskipun sudah ramah lingkungan atau bebas kandungan BPA, kamu tetap harus menggantinya untuk beberapa waktu tertentu. Leanne Stapf, CEO The Cleaning Authorit mengatakan kepada PopSugar bahwa, "Botol air minum yang terbuat dari plastik dapat mulai rusak setelah terus digunakan dan perlu diganti sekitar setahun sekali."


notol
(Ganti botol minum kamu jika sudah bau meskipun kamu sudah membersihkannya berkali-kali. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Memang untuk mereka yang aktif berolahraga atau sering pergi ke gym cenderung memilih botol air minum yang terbuat dari stainless steel atau plastik tebal dibandingkan yang berbahan kaca. 

Meskipun botol yang berbahan kaca memang bisa digunakan lebih lama dibandingkan stainless steel atau plastik, bahan kaca cenderung lebih mudah pecah. Tentunya tidak cocok untuk dipakai berolahraga.

Waktu penggantian botol juga dapat bergantung pada penggunaan, jadi periksalah botol air minum dari waktu ke waktu untuk melihat apakah botol masih layak digunakan. 

Dr. Cedrina Calder, seorang dokter pengobatan pencegahan di Nashville, juga menyarankan untuk mewaspadai bau tidak sedap di dalam botol.

“Bau tidak sedap dari botol, yang tidak hilang meskipun kamu sudah membersihkannya berkali-kali itu bisa menjadi pertanda bahwa botol sebaiknya diganti. Selain itu, ketika tutup botol atau corong sudah ada penumpukan kotoran yang tidak bisa dibersihkan juga sebaiknya segera diganti,” ujar Dr Calder.

Atau jika botol sudah retak, sehingga dapat menyebabkan masuknya bakteri dari luar dapat terkumpul di dalam celah dan berkembang biak juga sebaiknya segera ganti botol minum milikmu.
(TIN)