FITNESS & HEALTH

Apakah Mandi Setelah Makan Buruk untuk Tubuh?

Kumara Anggita
Rabu 28 April 2021 / 09:12
Jakarta: Menikmati santapan yang lezat, panas atau pedas kadang bisa membuat badanmu jadi lebih gerah atau bahkan berkeringat. Hal ini mendorong kamu untuk mandi setelah selesai makan. 

Banyak yang mengklaim bahwa makan lalu mandi bukanlah hal baik. Kira-kira kenapa ya orang menganggap demikian?

Mengutip dari Healthline, mandi tepat setelah makan sebenarnya tidak disarankan. Ini karena tubuh waktu itu sedang bekerja untuk mencerna makanan. 

Saat kamu mandi, ada proses yang disebut tindakan hipertermik dirangsang di tubuh kamu. Proses ini meningkatkan suhu tubuh internal kamu satu atau dua derajat.

Setelah kamu makan, suhu tubuh sudah sedikit meningkat. Kehangatan yang kamu rasakan di tubuh setelah makan yang memuaskan sebenarnya adalah tanda tubuh kamu yang mengarahkan peningkatan aliran darah ke organ pencernaan kamu.

Secara anekdot, orang mengatakan bahwa mandi membingungkan tubuh kamu. Bukannya meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan, tubuh justru mengalami tindakan hipertermik yang disebabkan oleh air.

Secara teoritis, ini akan memperlambat atau mengganggu pencernaan kamu, yang menyebabkan kelesuan. Tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan yang membuktikan atau menyangkal ide ini.

Jika kamu menganut teori ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan apa yang kamu makan sebelum mandi.

Makanan dengan protein padat, kandungan serat yang tinggi, banyak lemak, atau karbohidrat olahan dapat menyebabkan kembung saat tubuh kamu mencerna, menciptakan situasi yang memberi tekanan pada dada  dan membuat kram dan mulas menjadi lebih mungkin. Jika teori ini benar, maka mandi setelah beberapa buah, kaldu, atau salad mungkin tidak akan seburuk itu.
 

Bisakah kamu mandi air dingin setelah makan?


Tidak dapat dibuktikan secara meyakinkan bahwa mandi air panas tidak baik untuk kamu setelah makan, tetapi salah satu cara agar kamu tetap aman adalah dengan mandi air dingin atau hangat saja.

Mandi air dingin tidak meningkatkan suhu tubuh dan tidak akan mengalihkan aliran darah dari organ pencernaan kamu. Sebagai bonus, mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan membantu kamu membakar lebih banyak lemak dari makanan yang baru saja dimakan.
(YDH)