FITNESS & HEALTH

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Kumara Anggita
Rabu 04 November 2020 / 16:27
Jakarta: Tahukah kamu bahwa selain memiliki warna yang menarik, buah naga punya banyak manfaat kesehatan? Oleh karena itu, kamu perlu untuk mulai sering-sering memakannya.

Seperti dilansir WebMD, berikut beberapa manfaat kesehatan buah naga:
 

1. Mencegah kanker dan penuaan dini


Buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.
 

2. Cocok untukmu yang ingin mengurangi berat badan


Secara alami buah naga bebas lemak dan tinggi serat. Itu membuatnya cocok jadi camilan yang baik, karena dapat membantu membuatmu kenyang lebih lama di antara waktu makan.
 

3. Mampu menurunkan gula darah


Buah naga dapat membantu menurunkan gula darahmu. Para peneliti mengatakan ini mungkin karena zat di sana dapat menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas kamu yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuhmu memecah gula.

Tapi perlu diinhat bahwa penelitian ini dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak buah naga yang harus kamu makan untuk mendapatkan manfaat ini.
 

4. Bagus untuk pencernaan


Buah ini mengandung prebiotik yang bagus untuk ususmu. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam sistem kamu dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di ususmu, bakteri ini memiliki manfaat lainnya yaitu dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.
 

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Sebab buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.
 

6. Meningkatkan kadar zat besi


Buah naga dapat meningkatkan kadar zat besi kamu. Ini penting karena zat besi bertugas memindahkan oksigen ke seluruh tubuhmu dan memberi kamu energi. Tak hanya itu vitamin C dalam buah naga membantu tubuhmu menyerap dan menggunakan zat besi.
(FIR)