FITNESS & HEALTH

3 Manfaat Puasa untuk Pikiran

Kumara Anggita
Senin 19 April 2021 / 09:00
Jakarta: Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa puasa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik seperti mengontrol kadar gula darah, menstabilkan kadar kolesterol, menurunkan berat badan dan masih banyak lagi. 

Namun tahukah kamu bahwa selain manfaat kesehatan tersebut, ternyata berpuasa juga bagus untuk kesehatan pikiranmu? Mengutip dari Ibunda.id, Psikolog, Alexandra Gabriella Adeline menjelaskan beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan psikologismu.
 

1. Melatih sabar


Puasa tentang mengontrol diri. Saat puasa, kamu belajar bagaimana untuk mengontrol diri kamu tidak hanya terhadap godaan seperti makanan dan nafsu, tetapi juga kepada emosi. Jadi, tak ada lagi ya sumpah serapah di jalan biar puasanmya tak batal. 
 

2. Meningkatkan rasa syukur


Ketika masih puasa, orang-orang jadi menyadari saudara-saudara lain yang tidak bisa makan dan kurang beruntung dibandingkan dengan kamu. Akhirnya, kamu pun sadar kalau selama ini kita sudah diberkahi. Terutama saat buka puasa, apapun makanan dan minumannya kamu jadi tetap bersyukur.
 

3. Berlatih menahan diri


Menurutnya, tujuannya untuk disiplin dalam memperkuat niat. Kalahkan kelemahan diri sendiri terhadap hal-hal yang kamu anggap menyenangkan (tapi kurang sehat misalnya). Karena makan dan minum yang menjadi kebutuhan primer saja kita bisa tahan, apalagi hal yang di luar itu. 
(TIN)