FITNESS & HEALTH

Sudah 725 Kasus, Simak 5 Cara Melindungi Diri dari Omicron!

Cindy
Sabtu 15 Januari 2022 / 16:41
Jakarta: Kasus varian Omicron di Indonesia terus melonjak. Hingga Sabtu, 15 Januari 2022, total kasus Omicron telah mencapai 725 kasus. 

"Dari total tersebut, sebanyak 545 orang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Sedangkan, 180 orang lainnya dari transmisi lokal," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Sabtu, 15 Januari 2022.

Dwi mengimbau masyarakat mewaspadai peningkatan penularan covid-19 varian Omicron di Jakarta. Lantas bagaimana cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran Omicron? Berikut selengkapnya dilansir dari laman Zoe Covid Study:

1. Ketahui gejala Omicron

Penting untuk mengetahui dan mengenali semua gejala Omicron. Sakit tengorokan, pilek, sakit kepala, kelelahan, hingga bersin, bisa menjadi tanda awal Anda terjangkit varian baru tersebut. Berdasarkan data Zoe Covid Study, 50 persen pasien Omicron mengalami gejala demam, batuk, atau kehilangan indra perasa dan penciuman. 

Baca: Warganya Positif Omicron, 1 RT di Kabupaten Malang Berlakukan Lockdown Lokal

2. Segera tes covid-19

Setelah mengalami gejala-gejala mirip Omicron, ada baiknya Anda segera melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) di puskesmas terdekat. Selagi menunggu hasil tes, Anda disarankan untuk mengisolasi diri. Hal ini guna membantu menghentikan penyebaran varian Omicron. 

3. Tetap di rumah

Jika Anda tinggal di area penyebaran Omicron yang tinggi, pertimbangkan untuk tinggal di rumah dan mengurangi kontak. Omicron merupakan varian yang sangat mudah menular. Alangkah baiknya berhati-hati saat bersosialisasi.

Baca: Bertambah, Pasien Omicron di Jakarta Jadi 725 Orang

4. Pola hidup sehat

Zoe Covid Study menemukan bahwa, ada hubungan antara diet pola hidup sehat dengan covid-19. Makan makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat melindungi diri dari Omicron. 

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan berkualitas tinggi, kaya akan makanan nabati, 10 persen lebih kecil kemungkinannya terkena covid-19. Serta 40 persen elbih kecil kemungkinannya terkena covid-19 parah yang memerlukan perawatan di rumah sakit. 

5. Menerima vaksinasi covid-19

Vaksinasi covid-19 menjadi cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit parah dan rawat inap akibat Omicron. Zoe Covid Study juga menekankan vaksinasi booster perlu segera dilakukan. 

Baca: CDC Imbau Warga AS Sebisa Mungkin Gunakan Masker Paling Protektif
(CIN)